• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Membuat dan Memanfaatkan Website Sekolah




Membuat dan Memanfaatkan Website Sekolah

Membuat dan Memanfaatkan Website Sekolah
Memasuki era digital, sekolah-sekolah di Indonesia diharapkan memiliki website sekolah. Website sekolah adalah salah satu wahana bagi sekolah untuk menunjukan diri mereka pada masyarakat global, sekaligus sebagai media informasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui lebih lengkap tentang sekolah tersebut, sebagai media pendaftaran siswa baru, sebagai media atau press release sekolah, dan masih banyak manfaat lainnya.

Lantas, bagaimana cara membuat situs atau website untuk sekolah dengan mudah?

Berikut ini saya berikan ringkasan cara serta syarat membuat website sekolah:

a. Nama situs sekolah / Domain

Anda pesan dulu nama situs/domain untuk sekolah anda, nama situs atau domain bisa dipesan pada http://www.pandi.or.id

Syarat yang dibutuhkan untuk membuat website sekolah:

- Surat permohonan dari sekolah (ditanda tangani kepala sekolah) untuk memesan nama situs (domain) kepada Pandi.
- Surat kuasa dari pihak sekolah kepada anda sebagai yang ditugaskan untuk memesan domain untuk situs sekolah.
- KTP anda sebagai penanggung jawab
- Dan membayar biaya pembelian domain, harganya RP.100.000/tahun.

b. Hosting

Hosting merupakan tempat untuk menyimpan situs sekolah anda. Ada banyak perusahaan hosting yang menjual sewa hosting murah. 
Untuk membuat situs sekolah menurut pengalaman saya, saya biasa menyewa hosting paket standard saja, karena space dan bandwidth yang dibutuhkan biasanya tidak begitu besar. Harganya juga hanya pada kisaran seratus hingga tiga ratus ribu rupiah pertahun. Anda bisa browsing saja untuk menemukan perusahaan hosting yang anda butuhkan.

c. Menyiapkan bentuk dan tampilan situs sekolah

Bagi orang-orang yang sudah menekuni bidang wed designer membuat sebuah website tentu bukanlah hal yang sulit, namun bagi yang belum tentu akan menemui keulitan saat diminta merancang website sekolah.
Demi untuk memasyarakatkan website khusus untuk sekolah, Pemerintah dalam hal ini melalui Balitbang telah sukses meluncurkan CMS atau kerangka standar untuk membangun sebuah website sekolah. Kerangka dasar tersebut sering disebut CMS Balitbang atau CMS sekolah yang dibuat sedemikian rupa lengkap dengan syarat-syarat standar untuk dibentuk menjadi sebuah situs sekolah.

Fasilitas yang telah ada dalam CMS sekolah dari Balitbang ini antara lain : berita sekolah, profil sekolah, data-data tentang guru, siswa, direktori alumni, member area, buku tamu, kontak kami, agenda, artikel, buku tamu, daftar link, pengumuman, galeri foto, dan yang tidak dilupakan publikasi bahan ajar, materi, silabus, dan kelengkapannya.

Jadi, jika anda adalah seorang webmaster atau seorang tenaga pengajar yang kebetulan mendapat tugas dari sekolah untuk membuat website sekolah silahkan saja gunakan fasilitas CMS Balitbang ini. Selain gratis, CMS ini juga sangat mudah didapatkan. Anda bisa download CMS situs sekolah dari http://www.kajianwebsite.org/.

d. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat situs/website sekolah

Setelah ke-3 syarat tersebut diatas anda penuhi, anda tinggal install saja CMS sekolah tersebut ke hosting yang anda beli itu. Kemudian, anda modifikasi tampilan dan data-data dalam CMS sekolah tadi sesuai dengan nama dan data-data sekolah anda. Mudah sekali bukan?

Menurut pengalaman saya, hanya dalam waktu 3 hari saja saya bisa membuat website sekolah, 3 hari tersebut rinciannya sebagai berikut:

- Hari pertama, pesan nama Domain untuk sekolah (Biasanya berekstensi .sch.id atau .ac.id). Setelah kita melengkapi dokumen persyaratan dan mentransfer biayanya maka pada hari ke-2 domain tersebut sudah siap.

- Hari kedua, pesan hosting, bayar biayanya, lalu atur Name Server domain situs sekolah kita dan arahkan ke hosting yang anda beli.

- Hari ketiga, download CMS Balitbang, modifikasi, lalu install/upload ke hosting yang sudah kita pesan.

Maka, dalam waktu 3 hari saja situs sekolah anda sudah bisa online.

e. Manfaat Situs/Website Sekolah

Setelah memiliki website sekolah, lantas apa saja manfaat yang bisa kita peroleh?

Berikut ini adalah 3 manfaat website sekolah yang saya dapatkan dari situs Natuna.Org :

1. Memperkenalkan profil sekolah sehingga masyarakat luas mengetahui informasi apapun tentang sekolah seperti : Fasilitas yang tersedia, Kurikulum intra dan ekstra kurikuler termasuk materi pebelajaran online dan pustaka maya, prestasi yang telah diraih oleh sekolah, informasi mengenai perencanaan sekolah dan kebutuhan biaya, macam dan kualitas kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah. Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang ada.

2. Sebagai media komunikasi antara sekolah dengan dunia luar, bentuk komunikasi yang terjalin diantaranya : komunikasi antara siswa dengan guru terkait pelaksanaan pembelajaran, komunikasi antara siswa melalui media forum, komunikasi antara orangtua siswa/ calon siswa dengan sekolah melalui media email ataupun form kontak di website, komunikasi antara sekolah dengan institusi pendidikan di dalam/luar daerah, komunikasi antara sekolah dengan alumni.

3. Sebagai media resmi sekolah untuk media publikasi informasi ke masyarakat, seperti : pengumuman, Pers Release, dan Berita resmi sekolah.

Demikian sedikit ulasan dan pemaparan saya terkait dengan pembuatan website/situs untuk sekolah.
Apa yang saya tuliskan terilhami dari pengalaman pribadi membuat beberapa situs sekolah.

Selamat membangun website sekolah anda rasakan berbagai manfaatnya, dan tunjukkan bahwa sekolah anda eksis !!!


***






Ada 4 komentar untuk artikel Membuat dan Memanfaatkan Website Sekolah

xbacktrack on Selasa, 29 November 2011 00.04.00 WIB mengatakan...

Bener bangat, ane aja lg bangun website bkal sekolah ane.
Thank info ya...

Blogger Tips on Minggu, 04 Desember 2011 15.04.00 WIB mengatakan...

Yup, tepat banget. Nice blog, keep working..

akang roes on Sabtu, 18 Februari 2012 06.01.00 WIB mengatakan...

Sepakat dengan artikelnya.. nice.
thanks

yayang on Rabu, 30 Mei 2012 20.10.00 WIB mengatakan...

terimah kasih infonya


Posting Komentar


 

garis hijau panjang