Tentang Investasi Di Dunia Maya




Tentang Investasi Di Dunia Maya



Tentang Investasi Di Dunia Maya


Investasi


Dalam Teori Sosial dan Teori Ekonomi manapun tidak akan bisa membantah bahwa investasi sosial faktanya lebih sulit dilakukan daripada investasi ekonomi. Kesulitannya bukan pada "cara" tapi pada konsistensinya, terlebih yang dilakukan dengan orientasi jangka panjang. Karena Investasi sosial menyangkut banyak hal, termasuk kepentingan banyak orang, tidak hanya diri sendiri.


Investasi sosial khususnya cenderung memakan waktu dan diawali dengan keikhlasan.


Berkontribusi secara positif terhadap orang lain dengan ikhlas secara tidak langsung membangun citra atau imej sosial yang akan berguna bukan hanya untuk waktu dekat tapi untuk jangka waktu yang panjang bahkan bisa selamanya.


Lantas, bagaimana tanggapan kamu terhadap orang-orang yang berinvestasi melalui dunia maya, atau lebih spesifik lagi berinvestasi dalam dunia blog?


Saya salah seorang blogger indonesia yang senang sekali membaca berbagai jenis tulisan di blog, meski blog saya ini lebih banyak menyajikan info seputar teknik blogging dan SEO namun dalam surfing di internet saya mau melahap semua jenis bacaan yang sekiranya dapat membangun pengetahuan saya.


Kembali ke pertanyaan diatas, bagaimana tanggapan kamu terhadap orang-orang yang berinvestasi melalui dunia maya, atau lebih spesifik lagi berinvestasi dalam dunia blog? Saya punya sedikit pengalaman dalam hal ini. Saat kita mau terjun dalam dunia investasi di dunia maya maka menurut saya yang paling bagus sebagai awalan adalah dengan menjadi penolong orang lain.


Lho kq gitu? emang apa hubungannya?


Coba kita pikirkan dengan seksama, ketika kita menolong orang, besar kemungkinan orang tersebut akan menolong kita nantinya ketika kita butuh pertolongannya. Ini sebuah hukum ilahi, namun juga tidak menutup kemungkinan pertolongan itu datang dari orang lain.


Hal itu bisa juga dikaitkan dengan di dunia nyata (bukan dunia maya), dimana investasi politik tidak terlepas dari investasi sosial, bedanya adalah pada orientasinya. Politik cenderung berorientasi pada kekuasaan dan sebuah status (baik jabatan maupun status sosial), artinya ada kepentingan.


Logika sederhananya, jika didalam dunia internet kamu ingin menjadi seorang blogger yang bagus ataupun pebisnis online yang sukses serta menjadi rujukan banyak blogger lain maka bangunlah investasi maya kamu jauh-jauh hari sebelumnya.


Investasi Di Dunia Maya
 
Membangun investasi di dunia maya dapat kamu lakukan dengan menyediakan konten/tulisan yang bermutu, atau bagi yang lebih ahli dapat melakukannya dengan membangun situs penyedia layanan gratisan semacam tips trik bloging, tips trik bisnis online, tips trik dan informasi teknologi, bisa juga menjadi penyedia hosting gratis, atau tool-tool gratis yang dapat digunakan oleh blogger atau pengguna internet lain.


Contoh mudah untuk menjelaskan orang yang memulai investasi dengan tulisannya didunia blogging adalah Kang Rohman (kolom-tutorial.blogspot.com), dimana beliau memulai bloggingnya dengan menjadi spesialis blogger yang menyediakan berbagai trik blogging dan SEO. Dalam beberapa tahun akhirnya Kang Rohman menjadi salah satu blogger yang paling dikenal di Indonesia.


Kemudian, contoh lain untuk orang-orang yang memulai investasi di dunia maya dengan menjadi penyedia informasi dan tips trik bisnis online misalnya : Anne Ahira dengan www.asianbrain.com nya, kemudian ada juga cosaaranda.com, serta Joko Susilo dengan www.jokosusilo.com yang baru-baru ini sedang mengkampanyekan "Peluang bisnis online tanpa ribet", dan masih banyak tokoh-tokoh internet marketer atau pebisnis online yang sukses berinvestasi di dunia maya di Indonesia.


Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, mengapa mereka bisa sukses seperti itu sedangkan yang lain tidak?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut menurut saya hanya yang bersangkutan yang bisa, namun secara garis besar kesuksesan mereka sudah barang tentu dilandasi oleh keseriusan menekuni dunia blogging dan internet serta bisnis online yang mereka geluti. (Baca juga : Arti Kesuksesan yang Sesungguhnya).
Bagi kamu yang punya keinginan sukses seperti mereka, apakah kamu sudah punya investasi yang cukup, punya citra dan tabungan kemampuan/skill yang kuat, dan juga apakah kamu punya sesuatu yang dibutuhkan banyak orang sehingga orang lain bersedia membayarmu untuk apa yang kamu sediakan?
Kalau belum, maka sebaiknya kamu belajar lagi, karena konon katanya 90 % pebisnis online gagal di tahun pertama usahanya. Itu harus dicamkan.

Lantas, apa saja modal dasar yang dibutuhkan untuk memulai investasi di dunia maya?

Mencuplik dari apa yang dituliskan oleh cosaaranda.com tentang 8 Skill Umum Yang Diperlukan Pada Bisnis Internet, yaitu :

- Kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet
- Kemampuan berbahasa Inggris
- Kemampuan menulis atau copywriting
- Kemampuan berkomunikasi, baik verbal maupun lisan
- Kemampuan pemasaran atau marketing
- Kemampuan desain grafis
- Kemampuan membuat web/blog
- Serta Kemampuan SEO


Dan masih banyak skill pendukung lain yang bisa kamu kembangkan untuk memulai investasi kamu di dunia maya termasuk kemampuan bisnis dan pemasaran, manajemen, teknologi informasi secara umum, serta perlu juga kemampuan bahasa Inggris untuk memperkaya wawasan dengan belajar dari referensi-referensi asing yang berkaitan.

Terakhir yang saya sampaikan, mengutip apa yang disampaikan oleh AA Gym, dalam memulai apapun mulailah dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu, kemudian mulailah dari diri sendiri, serta yang terakhir dan lebih penting mulailah dari sekarang (jangan suka menunda sesuatu).



Salam sukses ! Semoga
Investasi di internet yang kalian lakukan segera membuahkan hasil yang manis.








Ada 0 komentar untuk artikel Tentang Investasi Di Dunia Maya


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang