• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Tidak Ditemukan Kebaikan SBY, Budiono, Suryapaloh, Aburizal Bakrie, dan Roy Suryo Pada Hasil Pencarian Google

Tidak Ditemukan Kebaikan SBY, Budiono, Suryapaloh, Aburizal Bakrie, dan Roy Suryo Pada Hasil Pencarian Google.Co.Id


Sejumlah forum di dunia maya ramai dengan ‘keanehan’ Google. Hal itu karena jika Anda melakukan pencarian dengan kata kunci “kebaikan SBY”, Anda tidak bisa menemukannya. Anda malah akan direkomendasikan oleh Google dengan tulisan "Mungkin maksud anda adalah : keburukan sby"

Gara-gara keanehan pencarian 'kebaikan SBY' di google, banyak orang akhirnya mencoba-coba dengan memasukkan nama tokoh lainnya. Hasilnya, sejumlah nama senasib dengan 'kebaikan SBY'.

Ketik kata kunci Aburizal Bakrie, misalnya. Maka akan keluar "Mungkin maksud Anda adalah keburukan Aburizal Bakrie?" Namun jika menggunakan 'kebaikan Ical', tidak akan ada pertanyaan unik dari google.

Sekarang coba ketik Surya Paloh. Hasilnya serupa, "Mungkin maksud Anda adalah keburukan Surya Paloh?"

Boediono juga mengalami hal serupa. Juga termasuk saat diketik 'kebaikan SBY-Boediono'.

Roy Suryo juga masuk deretan yang ditanya google,"Mungkin maksud Anda adalah keburukan Roy Suryo?"


Saya tidak tau apa yang terjadi, namun beberapa ahli atau tokoh telematika sudah banyak yang bicara soal ini, berikut ini saya cuplikkan beritanya :


Menurut praktisi telematika, Abimanyu ‘Abah’ Wachjoewidajat, memang hasil dari Google bisa dipermainkan yaitu cukup dengan membuat situs atau blog berdasarkan kata tertentu lalu sering-seringlah kita hits, maka Google akan menaikan rating blog kita. 
“Menurut saya yang sebenarnya terjadi adalah murni hasil telematika dimana bahwa algoritma pencarian Google adalah mencari persamaan huruf yang anda cari lalu dicocokkan dengan kumpulan kata yang ada pada database dan indeks yang terbanyak akan menjadi acuan,” katanya kepada okezone, melalui email, Senin (28/2/2011).
“Perlu kita ketahui bahkan pencarian yang kita ketik di Google juga selalu disimpan oleh Google untuk menjadi database “Google Trend”,” tambahnya.
Nah, Database Google tidak hanya menyimpan 1 kata per konten index melainkan bila ada beberapa kata yang sama dalam maka itu juga disimpan.
Lalu terkait masalah Google terhadap ‘Keburukan SBY’, Abah menghitung antara kalimat “Kebaikan SBY” dan “keburukan SBY” lalu hitung berapa huruf yang berbeda? Ada 3 dari 10 huruf yang sama bukan? Yang beda hanya huruf “ai” dengan “uru”.
Walau total temuan pada “keburukan SBY” hanya 58.000an sementara “kebaikan SBY” ada lebih dari 351.000 temuan namun karena Google Trend menunjukan banyak yang mencari “keburukan SBY” maka berdasarkan Google Trend tersebut serta algoritma pencarian maka Google memberikan “anjuran” seperti diatas.
“Coba buktikan dengan mengetik “kehebatan SBY” maka Google tidak akan menganjurkan “kebodohan SBY” bukan? Karena itu karena perbandingan diantara kedua kalimat tersebut sangat berbeda,”
Kini coba anda ubah setting google dalam bahasa inggris lalu lakukan pencarian yang sama. Google tidak memberikan “anjuran” seperti itu. Jadi Google sama sekali tidak terlibat dalam pemberian anjuran tsb, karena itu murni anjuran atas hasil akumulasi, bukan atas konteks.
(Ref: okezone.com)


Apapun yang saya sampaikan dalam artikel "Tidak Ditemukan Kebaikan SBY, Budiono, Suryapaloh, Aburizal Bakrie, dan Roy Suryo Pada Hasil Pencarian Google.Co.Id" ini semoga tidak menyurutkan semangat Pak SBY untuk terus berjuang membangun Indonesia agar lebih baik lagi. 

Bersama Kita Bisa !!!

*****
Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP