• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Heboh Penghargaan Nobel Dunia

Heboh Penghargaan Nobel Dunia


Penghargaan Nobel merupakan penghargaan yang diberikan kepada orang-orang luar biasa dalam bidangnya yang memenuhi kriteria nominasi penerima Nobel dari seluruh dunia. Nobel yang pada awal mulanya diprakarsai oleh penemu asal Swedia, Alfred Nobel, dipandang sebagai salah satu penghargaan paling bergengsi di dunia.

Pada tahun ini ada beberapa kehebohan terkait dengan penghargaan Nobel ini, berikut saya cuplikkan buat anda sekalian: 

a. WikiLeaks dinominasikan meraih penghargaan Nobel Perdamaian 2011

Komite Nobel Norwegia telah mengumumkan sebanyak 241 nominator untuk Nobel Perdamaian 2011, termasuk di antaranya WikiLeaks. Ini adalah rekor jumlah nominator.
Di tahun 2010, nominator berjumlah 237 pihak.

Para nominator ini dicalonkan oleh beberapa pihak berkompeten. Mereka termasuk para anggota parlemen berbagai negara, profesor bidang hukum dan politik serta para pemenang Nobel edisi sebelumnya.

WikiLeaks yang didirikan Julian Assange, memantik kontroversi besar karena membocorkan berbagai data rahasia milik pemerintah Amerika Serikat. Pemerintah AS sangat berang karenanya dan mencoba segala upaya membendung sepak terjang WikiLeaks.


b. Internet Masuk Nominasi Nobel Perdamaian

Di samping WikiLeaks, internet juga mendapatkan nominasi Nobel Perdamaian tahun ini. Dunia maya sepertinya dipandang memiliki andil terhadap perdamaian dunia.

(Ref: Reuters dan dikutip detikINET, Rabu 2/3/2011).


c. Pemenang Penghargaan Nobel Dipecat

Kabar mengagetkan datang dari Muhammad Yunus, pemenang penghargaan Nobel. Inisiatif kredit mikro yang membantu para pengusaha miskin di negara berkembang itu, dipecat oleh bank yang dia dirikan sendiri untuk tujuan tersebut, yakni Bank sentral Bangladesh.

Bank sentral Bangladesh memecat Yunus dari fungsinya, demikian pernyataan Bank Grameen, yang memecat dirinya. Alasannya, pengangkatan Yunus di pada 2000 lalu terjadi tanpa izin bank sentral.
Belakangan ini Muhammad Yunus sering disorot karena ada tuduhan Bank Grameen mencurangi uang bantuan untuk kredit mikro. Menurut para pendukungnya, Yunus adalah korban kampanye politik setelah terlibat perselisihan dengan Perdana Menteri Sheikh Hasina.


Terlepas dari semua kehebohan tersebut, menurut saya Penghargaan Nobel memang luar biasa, baik dari sisi prestise maupun hadiahnya saya rasa memang sangat besar. Konon ceritanya yang pernah saya baca para pemenang Nobel akan meraih hadiah sampai USD 1,58 juta, kalau di - rupiahkan berapa tuh ???  :-)


*****
Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.

wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP