• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Ganti Tampilan, Makin Cool, Makin Enak Dibaca

Ganti Tampilan, Makin Cool, Makin Enak Dibaca

Jika beberapa waktu yang lalu kamu pernah berkunjung ke blog ini, kemudian kamu bandingkan dengan kunjunganmu yang sekarang, maka mungkin kamu akan sedikit kaget, karena ada perubahan template pada blog ini. Jika beberapa waktu yang lalu tampilan blog ini menggunakan template dari Detemplate dengan tampilan dominan warna abu-abu, maka mulai hari ini 9 maret 2011 blog wahyu-winoto.com berganti tampilan dengan menggunakan template dari My Blogger Themes yang terkesan lebih lebar dengan perpaduan warna hitam & abu-abu serta beberapa modifikasi saya sendiri agar makin enak dibaca dan SEO friendly.


Tampilan blog wahyu-winoto versi lama

Sebenarnya tidak ada alasan khusus mengapa saya merubah tampilan/template blog ini, namun berdasarkan masukan dari beberapa rekan yang mengatakan bahwa katanya blog ini kurang nyaman dibaca, karena kolom posting artikelnya terlalu sempit (lihat gambar diatas) dan proses loading-nya yang agak lambat. Maka dari itu sayapun segera merubah tampilan/template ini.


Tampilan blog wahyu-winoto.com yang baru

Pada tampilan yang baru terlihat bahwa kolom posting artikel berada pada bagian kiri dengan lebar yang lebih luas sehingga lebih nyaman dibaca.

Kemudian, alasan lain yang menguatkan niat saya adalah adanya asumsi dari para guru blogging dan master SEO yang mengatakan bahwa template sangat berpengaruh terhadap kualitas blog dalam ranking dan SEO. Salah satu referensi yang saya temukan adalah dari artikelnya mas Galuh Ristyanto dalam artikelnya yang berjudul : Ganti Template Untuk Optimasi SEO

Berikut saya cuplikkan poin-poin pentingnya:

............ ada beberapa hal yang saya dapatkan tentang ciri-ciri template yang seo friendly :
  1. CSS tervalidasi. Untuk cek validasi CSS bisa dilakukan di http://jigsaw.w3.org/css-validator/.
  2. Markup (HTML, XHTML) tervalidasi. Untuk cek validasi Markup bisa dilakukan di http://validator.w3.org/.
  3. Mengenai heading.
    Heading H1 untuk title header. H2 untuk judul posting jika di homepage, sementara untuk single post normal font untuk title header dan H1 untuk judul posting. Sedangkan untuk title sidebar menggunakan H2. (Mungkin butuh pemahaman lebih untuk memahami tentang heading).
  4. Di footer (yaitu, bagian paling bawah) terdapat link yang menuju halaman depan atau halaman utama.
  5. Kolom dalam blog terdiri dari 2 atau 3 kolom, dengan sidebar yang berada di sebelah kanan. Artikel berada di sebelah kiri.
  6. Kecepatan loading yang responsif dan cepat dibuka bisa juga dikatakan sebagai ciri situs yang seo friendly. Tetapi sebenarnya lebih ke mudahnya pengunjung mengakses situs kita, terutama untuk pengunjung yang menggunakan koneksi lemot dalam mengakses situs kita.
    Tahun 2010 Google menambahkan faktor kecepatan situs dalam menentukan PageRank suatu situs. Selain untuk keperluan Google dalam perankingan, juga untuk membuat pengunjung betah berlama-lama mengunjungi situs kita, karena Google menyukai blog yang di sukai oleh pengunjungnya.
    Kecepatan loading situs tergantung dari berat tidaknya situs tersebut. Hal ini dipengaruhi oleh ramai tidaknya blog kita karena gambar atau widget yang kita pasang.
    (Ref: http://galuhristyanto.web.id/ganti-template-untuk-optimasi-seo/)


Semoga pergantian template ini dapat berdampak baik pada kualitas blog saya dan menjadi lebih enak untuk dibaca dan digunakan oleh para pengunjung. Sedangkan dari segi SEO saya tidak begitu yakin, namun semoga saja ikut berdampak baik pula.


*****
Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP