Pro-Kontra Situs salingsapa.com




Pro-Kontra Situs salingsapa.com


Situs buatan Muhammad Yahya Harlan (salingsapa.com) sepintas mirip dengan facebook, situs jejaring sosial yang tengah digandrungi masyarakat. Hal ini wajar, pasalnya sang pembuatnya mengaku terinspirasi dari situs buatan Mark Zuckerberg ini.

Sampai saat ini salingsapa.com sudah bisa diakses di 47 negara, di antaranya Amerika, Norwegia, Belanda, Singapura, dan Malaysia. Jumlah pengaksesnya pun sudah jutaan orang. Padahal situs ini baru diluncurkan beberapa minggu yang lalu.

Namun, seiring dengan makin populernya situs salingsapa.com tersebut muncul juga beberapa pihak yang merasa kurang senang ataupun memberi kritikan. Misalkan saja berdasarkan penelusuran saya paling tidak pada situs komunitas terbesar di Indonesia (kaskus.us) sudah banyak yang membicarakan salingsapa.com dengan maksud memberikan kritikan terkait dengan fitur dan kontennya yang menurut mereka terindikasi ada unsur plagiarism/penjiplakan. Untuk lebih jelasnya silahkan cek di http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7027894

Berikut ini saya cuplikkan beberapa tulisannya:
Ceritanya gini gan, gw pertama kaget anak smp bisa buat situs website social network dengan fitur yang lumayan banyak.

penasaran, dan cek , ternyata code generator websitenya dari http://www.jcow.net/  cms opensource untuk generate website social media, istilahnya yang digunakan dia itu CMS opensource social network yang tinggal install , langsung jadi, ubah logo, warna, dan image, tinggal release nama hehehe , ya mirip kalo agan2 install wordpress di server sendiri .

ada satu lagi yang nurut gw tidak jujur dari si yahya ini, dia tidak mencantumkan powered by jcow.com di halaman websitenya , padahal menurut aturan license softwarenya, untuk versi community dia harus cantumkan powered by jcow baca ini gan http://www.jcow.net/license/

dengan dia klaim sebagai pembuat salingsapa.com tanpa mencantumkan tuh website programnya punya siapa, di berita kan jadi se olah2 dia buat code website tersebut sendiri from scratch (awal2 dulu gw udah mikir hebat banget kalo seukuran smp bisa code seperti itu) .

kalo sudah gitu apa bisa disebut itu kebohongan publik gan ? gw sih bangga2 aja ada anak kecil misal jago di program atau bidang lain , tapi jadi langsung jempol kebawah pas tau sendiri kenyataannya . kenapa anak sekecil itu saja tidak bisa jujur , kalau itu program bukan karyanya, tp hasil install doang

publik sudah terkesan, sampe mentri aja datang kasih apa aja yang dia minta, kalo gw sendiri sih sudah ngerasa ketipu banget , gak ada istimewanya gan kalo cm install doang apalagi gak jujur sebutin generatornya .

cek disini gan , cms opensource yang di pake tuh anak : http://www.jcow.net

Kemudian saya juga menemukan pendapat serupa, namun kali ini di posting pada sebuah situs/blog dengan nama http://idiotnesia.com, yang membuat posting dengan judul "[Plagiarism?] Indonesian Social Network SalingSapa.COM".


Berikut ini saya cuplikkan beberapa catatannya:

Membuat Situs dengan CMS, anda tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk situs itu siap dan online, apalagi ketika menggunakan themes atau template buatan orang. Istilah mudahnya, CMS itu adalah masalah CORE (intinya), sedangkan Themes adalah bagaimana tampilannya.

Kalau dipikir-pikir, keren juga sih, anak kelas satu SMP sudah mampu menciptakan situs jejaring sosial seperti ini. Namun, sebelum anda terlalu kagum, silahkan buka situs jejaring sosial tersebut dan tekan CTRL + U untuk melihat Kode Sumber Halaman maka anda akan menemukan hal yang cukup menarik. Yang saya temukan seperti ini.

<base href="http://www.salingsapa.com/" />
<meta http-equiv="content-type" content="text/html; charset=UTF-8">
<meta name="Generator" content="Powered by Jcow" />
<meta name="Generator" content="Jcow Social Networking Software. 4.2.1" />
<style type="text/css" media="all">@import "http://www.salingsapa.com/files/
common_css/style.css";</style>
<style type="text/css" media="all">@import "http://www.salingsapa.com/
themes/facebook/page.css";</style>
<link rel="shortcut icon" href="http://www.salingsapa.com/themes/facebook/
ico.gif" type="image/x-icon" />

Situs tersebut menggunakan CMS Jcow dan menggunakan Themes Facebook.

Dari pro-kontra tersebut lalu saya mencoba mengecek langsung ke situs salingsapa.com, niat saya ingin memastikan kebenaran yang ditulis dalam thread di kaskus.us dan juga di situs idiotnesia.com dan kalau memungkinkan bertanya langsung pada pemilik/admin salingsapa.com, namun saat saya mengakses salingsapa.com ternyata situs tersebut eror (tidak dapat dibuka). Saya berencana igin mencoba mengaksesnya lagi nanti sekaligus berharap sudah ada konfirmasi tentang berita/isu plagiarisme yang mulai ramai dibicarakan itu.

Salam buat admin salingsapa.com, idiotnesia.com, dan penulis thread "kebohongan tentang Yahya Harlan siswa smp yang disebut membuat www.salingsapa.com" di kaskus.us. 

Semoga tulisan saya ini tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan anda semua.


*****






Ada 8 komentar untuk artikel Pro-Kontra Situs salingsapa.com

dinoo blogging on Senin, 14 Februari 2011 17.43.00 WIB mengatakan...

ternyata bgtu to permasalahannya,, familiar juga dengan nama situs ini di forum2 tapi baru baca disini

wahyu winoto on Selasa, 15 Februari 2011 05.29.00 WIB mengatakan...

iya, begitulah yg sedang rame dibicarain orang2. kalau sy cuma mengikuti aja perkembangannya. mslh plagiasi emg rumit...

sawali tuhusetya on Selasa, 15 Februari 2011 10.35.00 WIB mengatakan...

saya malah baru tahu kalau ada jejaring sosial bikinan anak smp. terlepas dari plagiasi atau tidak, karya si yahya agaknya perlu diapresiasi juga.

Widyan Arifin on Selasa, 15 Februari 2011 15.55.00 WIB mengatakan...

Iya mas kalo itu mah tinggal install aja. ga usah nyecript/coding ndiri. tinggal install siap pakai deh trus invite2 orang banyak. jadi deh.
semua orang juga bisa bkin sperti itu.

Anonim mengatakan...

olalaaa... Padahal keren loh situsnya. haha

hein on Minggu, 27 Februari 2011 18.50.00 WIB mengatakan...

sebnernya kasian sama ni anak, masih smp dah nanggung beban.. dalam hatinya pasti juga tertekan, wong dia cuman install aja (itupun mungkin diinstallin)..
kalau ngga ada beban.. brarti anak2 sekarang dah parah.

wahyu winoto on Selasa, 15 Maret 2011 14.55.00 WIB mengatakan...

@ pak sawali : iya pak, (mskipun ada indikasi plagiat) bagaimanapun agaknya perlu diapresiasi juga hasil karya anak Indonesia, agar lebih banyak yg terpacu semangatnya utk membuat ssuatu yg berguna buat banyak orang

@ Widyan Arifin : dari segi teknis memang begitu, cm yg bagus disini adalah ide awalnya yg berani membuat spt itu apalagi berani mengatasnamakan "buatan anak SMP". Itu yg bikin jd kehebohan...

@ Anonim : yup...

@ Hein : ada peran pihak ttt yg membesar2kan hal itu (media massa), mungkin utk mengejar popularitas berita.. Kita pinter2 aja memilah2 berita...

Hermawan Mahmud on Selasa, 05 April 2011 13.36.00 WIB mengatakan...

salut deh buat yahya harlan yang telah membuat salingsapa.
tapi sayang sekarang sudah banyak muncul salingsapa yang lain, toh tinggal instal 5 menit pun jadi.
nieh contohnya saya buat untuk komunitas sekolah saya www.aneuk-sma5.tk


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang