header wahyu winoto blog

SUKSES GO DIGITAL DENGAN TEKNOLOGI CLOUD COMPUTING !

Salam sukses bagi kawan-kawan semua yang sudah terjun dalam dunia digital. Kali ini saya akan mengulas tentang sebuah tema yaitu Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing.

Sebelum lebih jauh membahas tentang sukses dalam dunia digital, pertama-tama perlu kita ketahui dulu apa itu Go Digital, kemudian kita pahami juga apa itu Teknologi Cloud Computing?

Go Digital adalah frasa yang mengandung arti "menuju dunia digital", dimana jika kita telusuri kata digital ini di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah hal-hal berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu, kita biasa menyebutnya sistem yang terkomputerisasi. Lebih lanjut, menurut terjemahan bebas dari Wikipedia, dunia digital merupakan "Frasa yang sering digunakan saat mendefinisikan kefasihan digital, dan literasi digital. Dunia digital adalah ketersediaan dan penggunaan alat digital untuk berkomunikasi di Internet, perangkat digital, perangkat pintar, dan teknologi lainnya".


Cloud Computing jika kita artikan secara langsung artinya komputasi awan. Sistem dimana hal-hal yang terkomputerisasi menjadi tidak lagi hanya ada di perangkat komputer kita, namun tersedia di internet, online, dapat diakses kapanpun dan dimanapun, dimana kedepannya teknologi dalam dunia teknologi informasi memang akan dominan ke arah sana.

Beberapa ahli telah merumuskan bahwa dunia manusia (yang ada sekarang, maupun yang mungkin/akan muncul), didorong dan diubah oleh teknologi, lebih khususnya oleh ICTs (Information and Communications Technology), dalam bahasa Indonesia kita sebut TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) digital.
Dunia akan memiliki kualitas baru di sebagian besar lingkungan dan aktivitas manusia. Efek digital - meskipun tidak menghabiskan semua karakteristik - memfasilitasi pembentukan kualifikasi perubahan kehidupan manusia ini.

Dengan berlandaskan pada pengertian diatas, maka Sukses Go Digital adalah kondisi dimana kita ingin survive dan unggul, serta jadi pemenang dalam beragam persaingan ataupun kerjasama dalam dunia digital. Nah, apa saja yang dapat dilakukan untuk makin meningkatkan peluang kesusksesan dalam dunia digital tersebut? Salahsatunya adalah dengan teknologi komputasi awan atau Cloud Computing yang akan saya jabarkan berikut ini.

Saya kutip dari situs idcloudhost.com tentang "Cloud Computing: Defenisi, Fungsi, dan Cara Kerja", bahwa Teknologi Cloud Computing ini menjadikan internet sebagai pusat server dalam mengelelola data. Sistem ini memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

Karena tidak perlu melakukan instalasi pada aplikasi, maka untuk media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual sehingga tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di komputer. Perintah – perintah yang digunakan oleh pengguna tadi selanjutnya akan dilanjutkan ke server aplikasi.

Setelah perintah diterima oleh sever aplikasi, maka data akan diproses yang akhirnya pengguna akan menerima halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan perintah yang telah diberikan sebelumnya. Perintah yang diberikan dalam penggunaan aplikasi tersebut akan langsung terintegrasi secara langsung dengan sistem Cloud Computing yang ada di komputer. Pengguna hanya memerlukan jaringan internet agar dapat menjalankan aplikasi tersebut tanpa perlu melakukan instalasi.


Cara kerja cloud computing. Sumber gambar idcloudhost.com


Dalam kehidupan sehari-hari kita melihat begitu masifnya penggunaan komputer, misal untuk perkantoran pemerintah, untuk bisnis swasta, dan sebagainya, dengan keadaan seperti ini peningkatan penggunaan komputer semakin meningkat, pun juga hal itu otomatis diiringi dengan makin membengkaknya biaya untuk perangkat-perangkat hardware maupun software komputer.

Cloud Computing hadir menjadi solusi dari permasalahan ini karena merupakan teknologi yang bagus dan murah. Cloud Computing memiliki media penyimpanan fleksibel dan efisien untuk diterapkan dalam beragam sektor. Cloud Computing juga menjadi solusi untuk menurunkan permintaan hardware dan software pengguna, karena pengguna cukup pakai saja dari internet.

Beberapa contoh pengaplikasian cloud computing yang sudah sangat familier ditengah-tengah kehidupan kita misalnya: Gmail, Hotmail, Yahoo, Google Drive,dimana semua layanan mereka itu saat kita memproses/mengakses layanan mereka (email misalnya), itu kita menyimpan informasi-informasinya di internet/server cloud.

Secara garis besar, beberapa manfaat cloud computing dapat kita lihat pada gambar berikut:



Manfaat cloud computing. Sumber gambar innovativearchitects.com

1. Murah dan Tahan Lama

Cloud Computing tidak memerlukan media penyimpanan/storage karena sudah ada media penyimpanan terpusat pada server. Ini menekan biaya pembelian hardware seperti harddisk misalnya. Pengguna tidak tidak perlu lagi menyediakannya seperti data center, media penyimpanan, sudah tersedia secara virtual oleh Cloud Computing.

2. Produktif

Teknologi Cloud Computing memudahkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server sesuai layanan yang sudah di sediakan oleh Cloud Computing. Pengguna tidak perlu diribetkan dengan berbagai hardware media penyimpanan.

3. Handal

Dari segi infrastruktur cloud computing menyediakan perangkat atau media yang handal, mudah diakses, dan dapat kita customisasi.

4. Keamanan Data

Dalam penerapan teknologi Cloud Computing, penyedia Cloud Computing telah menyediakan jaminan data sehingga data tidak mudah corrupt atau rusak, tidak mudah dicuri oleh pihak lain, serta platform teknologi yang di-update serta jaminan ISO. Cloud Computing akan membuat data dan informasi Anda bisa lebih aman terjaga dibandingkan metode konvensional yang digunakan oleh kebanyakan orang saat ini.

5. Cocok untuk Bisnis Berkesinambungan

Senada dengan tema tulisan kita kali ini, bahwa cloud computing memang sangat tepat untuk manajemen data, dalam bisnis misalnya. Dari sisi layanan misalnya, cloud computing sangat fleksibel untuk keberlangsungan bisnis jangka panjang. Layanannya dapat kita update mengikuti kebutuhan kita, jika bisnis makin besar maka kita dapat update layanan sesuai apa yang kita butuhkan.


Model – Model Cloud Computing

Berikut ini ada beberapa macam tipe – tipe cloud yang bisa Anda pakai sebagai pengguna. Yuk, simak berikut ini adalah keempat macam-macamnya!

1. Private Cloud

Private Cloud adalah penggunaan dari teknologi Cloud ini hanya digunakan oleh satu organisasi atau perusahaan saja secara private. Penggunaan Private Cloud ini banyak digunakan buat interaksi bisnis, yang sumber daya cloud-nya bisa diatur, dan dioperasikan hanya oleh organisasi atau perusahaan yang sama.

Private Cloud ini berarti sumber daya cloud-nya digunakan bagi satu organisasi tertentu saja (secara privat, tidak dibagi ke pengguna/organisasi lain). Metode ini lebih banyak digunakan buat interaksi semacam intra-bisnis, di mana sumber daya cloud-nya bisa diatur, dimiliki, dan dioperasikan oleh organisasi satu yang sama.

Salahsatu penyedia private cloud yang bagus di indonesia adalah idcloudhost.com

2. Community Cloud

Community cloud digunakan biasanya untuk penggunaan bagi komunitas, institusi atau organisasi. Contoh perusahaan yang menggunaka Cloud Computing adalah perusahaan bisnis yang mempunyai tujuan Bersama pada masing masing perusahaan. Cloud Computing bisa dikelola oleh internal maupun oleh pihak ketiga maupun untuk eksternal dan internal. Sehingga dapat meminimalisir biaya pembayaran yang bisa ditanggung oleh kedua belah pihak.

3. Public Cloud

Public Cloud Computing merupakan layanan yang menggunakan model publik, sehingga siapa saja dapat mengakses layanan ini. Teknologi ini tidak memerlukan biaya dan gratis, namun jika berbayar dengan harga tertentu. Contoh layanan Public Cloud Computing adalah cloud computing ini banyak yang tidak berbayar alias gratis namun juga ada yang berbayar dengan harga tertentu.

Berikut beberapa contoh Public Cloud adalah Twitter, Instagram, Facebook, Youtube pada social media, untuk layanan email yaitu Gmail, Yahoo, Hotmail. Dengan keuntungan tidak perlu mengeluarkan biaya. Public cloud juga memiliki kelemahan, yaitu kemanan data sehingga kita perlu memilih provider dan hosting yang terpercaya untuk menjaga keamanan data.

4. Hybrid Cloud

Hybrd Cloud merupakan gabungan dari layanan private Cloud dan Public Cloud. Sehingga hanya institusi tertentu yang dapat mengaplikasikan layanan cloud ini. Layanan pada jenis ini memiliki interaksi B2B (Business to Bussines) atau B2C (Business to Consumer). Hyprid Cloud ini juga dapat digunakan pada komputasi terikat bersama tetapi dengan cloud yang berbeda.


Akhirnya...
Setelah mengetahui tentang apa itu cloud computing, serta manfaat-manfaatnya untuk kita, lantas apa yang akan kita lakukan untuk bisa suskes dalam dunia digital sekarang ini, kaitannya dengan memanfaatkan komputasi awan alias cloud computing ini?

Dalam penerapannya, Cloud Computing memerlukan hosting yang memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan cepat. Nah jika kita adalah "pemain" dalam dunia digital, baik itu kita sebagai pebisnis, bisnis besar maupun kecil dan menengah (UMKM), ataupun kita sebagai orang dalam pemerintahan atau BUMN, maka mau tidak mau kita membutuhkan sarana-prasarana untuk efisiensi dan manfaat yang mumpuni dalam dunia cloud computing ini, dan jika boleh jujur salah satu Cloud Provider Indonesia atau perusahaan penyedia layanan hosting berbasis cloud yang bereputasi baik di Indonesia adalah IDCloudhost.

IDCloudhost.com merupakan penyedia layanan hosting yang boleh dibilang nomor 1 di Indonesia, dia sudah bekerja sama dengan pebisnis maupun perusahaan, juga instansi pemerintahan serta BUMN dalam mengelola hosting. IDCloudhost sudah dipercaya lebih +100.000 customer diseluruh Indonesia.

Bukti kuat dan tak terbantahkan atas kualitasnya dapat terlihat dari beberapa penghargaan yang telah mereka raih, seperti: 

- Juara 2 Wirausaha Mandiri 2016, Kategori Digital.
- Grand Finalis DCD Datacenter Week Awards 2017, Kategori Asia Pacific Cloud Journey of the Year
- Juara 1 UKM Award 2020 dari Kementerian Koperasi dan UMK Republik Indonesia
- Penerima Penghargaan Bangga Buatan Indonesia 2020, Kategori khusus dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Demikian sedikit ulasan dari saya, semoga bermanfaat.


Salam,
Wahyu W.


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wahyu-winoto.com wahyu-winoto.com



© 2010 - 2019 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP