header wahyu winoto blog

Bulan Terbaik adalah Juni, Benarkah?

JUNI BULAN TERBAIK, BENARKAH?

Baru-baru ini saya menemukan meme berseliweran di time-line FB, meme yang berisi foto para Presiden Indonesia dengan tulisan dan caption berisi bulan lahir mereka yang rata-rata adalah bulan Juni.



Bulan Terbaik adalah Juni, Benarkah?
Para presiden RI, lahir dibulan Juni
Meme tersebut tentu saja menghipnotis. Orang-orang langsung berasumsi bahwa tokoh yang potensinya bagus tentulah yang lahir dibulan Juni. Contoh seorang komentator buru-buru ingin cari pasangan yang lahir bulan Juni, berharap dia akan jadi istri presiden dimasa mendatang. Haha....
Ada juga yang telah menikah langsung merancang ingin punya anak yang lahir dibulan Juni. Lucu sekali :)
 

Apakah benar bulan Juni sehebat itu?
Pada taraf tertentu mungkin iya tepat. Namun perlu kita telusuri juga fakta bahwa tokoh-tokoh besar lain juga banyak sekali yang lahir TIDAK dibulan Juni.


Manusia memang punya kecenderungan untuk cepat menyimpulkan hanya berdasarkan pada satu atau dua kejadian. Hal itu bisa fatal akibatnya, karena contoh yang sedikit itu bisa jadi hanya kebetulan, dan lebih berbahaya lagi jika ternyata ada fakta tersembunyi yang justru bertolakbelakang.
Seperti fenomena yang saya baca berdasar riset ilmiah menemukan bahwa: Penderita kepribadian ganda akut (bipolar disorder) itu lebih banyak diidap oleh orang yang lahir pas musim dingin, yaitu yang lahir bulan Juni hingga Desember.


Jika itu kurang "mengerikan", bagaimana dengan fakta bahwa kasus "suicidality" atau tendensi seseorang untuk bunuh diri, data sangat kuat menunjukkan trend pada orang-orang yang lahir di bulan Juni.


Gimana, paham kan maksud saya, makanya kita jangan buru-buru menarik kesimpulan hanya dari 1 atau 2 hal saja.

Bonus



Video perayaan hari ulang tahun Bpk. BJ. Habibie, yang ke 83 tanggal 25 Juni 2019, lokasi di Universitas Indonesia. 
Maaf kualitas videonya kurang baik karena saya rekam menggunakan smartphone biasa.



Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP