• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto


header wahyu winoto blog

Berangkat Haji Lewat Jalur Darat

Pernahkah anda berfikir untuk berangkat Haji lewat jalur darat? 
Naik bis atau bawa mobil sendiri, lewat jalan tol? Jika belum pernah simak tulisan saya, agar gairah itu muncul, hehehe....

Kita tentu sudah mendengar program pemerintah kita yaitu proyek jalan tol Trans-Jawa (dan sedang dilanjutkan dengan Tol Bali dan Trans-Sumatra). Banyak yang berfikir jalan tol itu hanya untuk transportasi domestik dalam negeri saja, namun tahukah anda bahwa sebenarnya para pemimpin kita punya visi besar, bahwa jalan tol itu kelak akan menghubungkan antar negara. Kita akan terhubung ke negara tetangga hingga jauh ke Asia Barat, Timur Tengah, bahkan terkoneksi dengan jalur tol Eropa.

Berangkat Haji Lewat Jalur Darat
Berangkat Haji Lewat Jalan Tol
Adalah proyek Asian Highway Sesi-2, sebuah proyek kolaborasi multinasional untuk membangun jaringan jalan bebas hambatan Asia zona 2 bagian dari jalan Jaringan jalan bebas hambatan Asia sepanjang 13.177 km atau 8.230 mil mulai dari Denpasar-Indonesia hingga ke Khosravi-Iran. 

Proyek ini dilakukan oleh 10 negara (Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, India, Bangladesh, Pakistan, Nepal, Iran) dengan membangun jalan tol dinegara masing-masing, kemudian akan dihubungkan melintasi batas tiap negara. Proyek ini juga akan terhubung dengan Asian Highway Sesi 1 yang terbentang dari Japan hingga Turki.


Saat ini ditiap negara progres pembangunan telah berjalan, beberapa ruas sudah jadi. Maka seperti judul tulisan saya diatas, saya pikir tidak mustahil suatu hari nanti kita bisa berangkat haji dengan nge-bis, atau nyetir mobil sendiri

Setelah berhaji kita lanjut nge-bis atau nyetir sendiri masuk ke negara-negara Eropa. Jaringan jalan tol Asia saat ini terhubung dengan jaringan jalan tol Eropa tepatnya dirute E80 (perbatasan Turki dengan Bulgaria). Sehingga praktis nanti kita bisa berkendara dari garasi rumah kita, masuk jalan tol, terus berjalan kebarat, belok sedikit ke Arab Saudi mampir berhaji atau umroh, lalu lanjutkan perjalanan kita jalan-jalan ke Jerman, atau nonton bola ke Roma-Italia, trus lanjut nonton parade Banteng Matador di Spanyol. Sungguh menyenangkan bukan :-)


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

wahyu-winoto.com




© 2010 - 2018 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP