• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Bisnis usaha apa yang cocok untuk saya?


Pertanyaan umum yang biasa kita dengar ketika seseorang hendak memulai bisnis adalah BISNIS ATAU USAHA APA YANG COCOK UNTUK SAYA?

Jika anda memiliki pertanyaan seperti itu, maka, saran saya, Jangan dipikir Sendiri, kita bisa bertanya ke teman, guru, konsultan, mentor, coach, atau orang yang kita anggap kredibel. Kita bisa sharing, minta nasehat, membangun komunitas, atau bahkan join bisnis. 

Secara umum, bisnis biasanya dapat kita kelompokkan menjadi beberapa bidang, yaitu:

» produk dan panganan/kuliner : hulu-hilir, mulai dari barang-barang secara umum, bahan baku makanan hingga makanan jadi, dan sejenisnya

» pendidikan : formal-informal, mulai dari PAUD hingga PT, seminar, workshop, kursus offline-online, dan sejenisnya

» penyakit : kesehatan, obat, suplemen, herbal, klinik, terapi, dan sejenisnya

» pariwisata : hulu-hilir, hotel, resto, rental mobil, laundry, souvenir, oleh-oleh, tiketing, dan sejenisnya

Empat bidang tersebut ada yang menyebutnya 4P. Dimana sebelum menentukan pilihan dari 4 bidang tersebut terlebih dahulu coba lihat kedalam diri anda, kira-kira Bisnis usaha apa yang cocok untuk saya?

Selain 4 P diatas, ada juga 4 P lain dalam bisnis khususnya dalam hal pemasaran. Dalam kegiatan pemasaran, dikenal juga konsep 4P yaitu: Product, Price, Placement, and Promotion. Konsep ini dapat diterapkan oleh seorang wirausaha dalam memulai suatu bisnis. Menentukan produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar umumnya menjadi langkah paling awal.

bisnis terbaik untuk kita
Mulai Bisnis Anda Sekarang
Bisnis yang pas buat anda menurut beberapa ahli biasanya menuntut passion lebih dari dalam diri anda sendiri, untuk itulah saran terbaik saya bagi anda yang hendak merilis bisnis coba tuliskan dulu pilihan-pilihan bisnis anda, bisa berdasarkan hobby/kesukaan, berdasarkan kemampuan/yang dikuasai/pengalaman kerja, berdasarkan besaran modal, berdasarkan pasar potensial lokal terdekat, dan sebagainya.

Setelah anda mendapatkan gambaran, kemudian lakukan studi kelayakan, sederhana saja anda bisa merujuk pada nasehat-nasehat pebisnis lain, dari referensi buku atau bahan bacaan, dan sejenisnya.

Terlepas dari apa yang sudah kita bahas diatas, yang jauh lebih penting dari sebuah bisnis adalah ketekunan dan kerja keras. Karena meskipun peluang sudah ada di depan kita, tapi kita tidak Take Action dan bekerja keras, kurang ulet dan tekun menggeluti, maka semuanya itu akan menjadi tidak maksimal, bahkan bisa berakhir dengan kegagalan. 

So, untuk itu, awali dengan niat baik, lakukan dengan tepat, dan gapai kesuksesan besar anda dengan usaha semaksimal mungkin.


Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP