Asuransi Syariah Sekaligus Investasi




Asuransi Syariah Sekaligus Investasi


Kita sering mendengar atau melihat iklan asuransi baik yang asuransi konvensional maupun yang syariah. Jenisnyapun bermacam-macam. Tulisan saya ini tidak menyoroti dari sudut pandang hukum agama ya, jadi sebatas sharing info aja.

Kemarin ada teman saya yang menanyakan tentang asuransi sekaligus investasi yang bagus itu apa?

Saya sarankan ikut saja Asuransi Syariah dengan jenis Unit Link.

Perlu diketahui bahwa perbedaan asuransi syariah dan asuransi konvensional terletak pada landasan filosofi transaksinya. Jika asuransi konvensional itu transaksinya jual beli risiko, asuransi syariah itu dasar transaksinya adalah berbagi risiko.

Konsep Dasar Asuransi Syariah
Konsep Dasar Asuransi Syariah


Dalam asuransi syariah, para peserta saling berbagi risiko, sementara pihak perusahaan asuransi hanya sebagai pengelola dana bersama. Dana yang dibayarkan oleh peserta asuransi menjadi milik bersama, bukan menjadi milik perusahaan asuransi. Jadi konsepnya sharing di antara para peserta. Sedangkan dalam asuransi konvensional, premi dibayarkan ke perusahaan asuransi dan jika ada klaim dibayar oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk jenisnya yaitu Unit Link adalah, di mana sebagian premi yang dibayarkan akan digunakan untuk membayar premi asuransi dan sebagian lagi untuk investasi.

Biasanya untuk tahun-tahun pertama, sebagian besar premi yang dibayarkan digunakan untuk biaya asuransi dan sangat sedikit untuk investasinya. Jadi jika membuka akun asuransi plus investasi sebaiknya lakukan untuk jangka panjang agar hasil investasinya juga besar.

Kalau akun/rekening ditutup dalam jangka 1 atau 2 tahun maka premi yang kamu bayarkan akan bersisa sangat sedikit, karena sudah habis untuk bayar premi sedangkan hasil investasinya blm banyak.







Ada 0 komentar untuk artikel Asuransi Syariah Sekaligus Investasi


Poskan Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang