header wahyu winoto blog

Melacak IPhone,IPad,IPod yang Hilang dengan Aplikasi Find My iPhone


Terkadang karena keteledoran kita maka bisa jadi Gadget kesayangan bisa hilang, entah itu dicuri ataupun "ketlingsut" entah kemana. Saat mengalami hal itu bukankah lebih bagus jika ada cara untuk "melacak" iPad, iPhone, maupun iPod anda dan anda bisa tahu persis mana gadget itu setiap saat? Yah, untungnya ada fasilitas dari iPhone yang bisa menjawab semua itu.


Jika Anda mendaftar untuk layanan gratis iCloud Apple maka Anda memiliki cara mudah untuk selalu mencari iPad Anda, gunakan Find My iPad. Dengan aplikasi ini anda dapat menemukan setiap perangkat iOS atau Mac yang terdaftar dengan iCloud.

Hal-hal yang bisa kita lakukan dengan aplikasi Find My iPhone ini adalah:

- Melacak lokasi iPad atau iPhone melalui peta.
- Memunculkan pesan anda pada layar utama iPad dan mengeluarkan suara khusus dengan volume penuh, walau iPad tersebut dalam posisi mute.
- Mengunci iPad anda dengan Remote Lock. Jadi iPad tersebut bisa anda kunci dengan password secara jarak jauh untuk memblok akses ke dalamnya.
- Menghapus seluruh isi iPad dengan Remote Wipe. Jadi anda bisa menghilangkan seluruh data di dalam iPad tersebut dari jarak jauh. Dengan begitu tidak ada pihak yang bisa mengambil data anda yang tersimpan di dalamnya.


Pertama, anda install dulu aplikasi Find My iPhone. Untuk mendownload aplikasi Find My iPhone, silakan klik di sini

Kemudian, buka iCloud (http://www.icloud.com), membuat akun atau kalau sudah punya akun silahkan masuk ke akun iCloud Anda.

a. Masuk ke pengaturan.
b. Sentuh ikon iCloud
c. Sentuh Account dan sign ke iCloud.

iCloud
iCloud
Pastikan bahwa Aplikasi Find My iPad diatur dalam posisi ON.

Kemudian, Pada Mac, Windows, atau Linux PC, pergi ke website iCloud -www.icloud.com - dan log ke akun iCloud anda.

Anda akan melihat ikon iCloud pada layar-klik pada Find My iPhone.

Find My iPhone
Find My iPhone
Layar berikutnya akan menunjukkan kepada Anda semua perangkat iOS.

Perangkat iOS yang terdeteksi
Perangkat iOS yang terdeteksi

Dilayar anda akan lihat titik hijau kecil di sebelah nama perangkat. Jika Anda melihat titik hijau di iPad Anda-Anda sedang beruntung karena gadget anda sedang Online.  

Lokasi gadget anda
Lokasi gadget anda
Klik pada perangkat yang Anda ingin cari. Titik hijau yang terlihat itu adalah iPad atau iPhone Anda dan peta akan menunjukkan lokasi iPad Anda dan ketika itu terakhir terletak.

Sentuh ikon di sebelah nama iPad Anda dan Anda akan memiliki tiga pilihan yaitu:

a. Play sound or Send Message; Kirim kode suara atau kirim pesan.
b. Remote Lock; Kunci perangkat gadget anda
c. Remote Wipe; untuk menghapus data-data penting dalam gadget anda (agar tidak bisa dilihat orang lain yang memegang gadget anda).

Jika Anda berpikir seseorang meminjam iPad Anda, klik pada Play suara atau mengirim pesan untuk segera mengembalikannya. Anda akan melihat kotak dialog untuk mengetik dalam pesan. Ketika Anda selesai, klik tombol Send/Kirim.

Kirim pesan ke gadget anda
Kirim pesan ke gadget anda

Setelah anda mengirim maka pesan akan ditampilkan pada iPad - di mana pun itu. Pesan ini terlihat ketika iPad terkunci dan ditampilkan lagi ketika iPad dibuka. Jika anda pikir gadget anda sudah dicuri dan tidak mungkin kembali, maka gunakan saja fasilitas Remote Lock dan Remote Wipe untuk mengunci dan menghapus data-data anda dan memastikan bahwa informasi Anda tidak dibaca/dicuri bersama dengan iPad Anda yang hilang tersebut.


Bagaimana Melacak iPad atau iPhone jika gadget dalam kondisi Offline ?

iPad sedang Offline
Meski iPad sedang Offline, anda tetap bisa hubungi gadget anda
Jika dalam pelacakan gadget anda ternyata anda menemukan bahwa gadget anda dalam posisi Offline atau mati, maka anda masih bisa melakukan beberapa hal, yaitu:

a. Play sound or Send Message; Kirim kode suara atau kirim pesan.
b. Remote Lock; Kunci perangkat gadget anda
c. Remote Wipe; untuk menghapus data-data penting dalam gadget anda
d. Dan ada fasilitas untuk mengirimkan Email ke Anda ketika iPad ditemukan (centang saja pada ceklist yang ada).


Apakah Find My iPhone terbukti dapat berhasil melacak iPad atau iPhone anda yang hilang? 

Ya, bahkan sudah dibuktikan oleh salah seorang pengguna. Berikut ceritanya:

Seorang penumpang pesawat AS yang kehilangan iPadnya, menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk menemukannya, yang kemudian ditemukan di rumah salah seorang parmugari, ujar kepolisian.

Pramugari tersebut, diidentifikasi berusia 43 tahun, bekerja sebagai karyawan di Horizon Air, bernama Wendy Ronelle Dye, ditangkap pada Jumat lalu, ujar Bill Kler, juru bicara Departemen Kepolisian Oregon City dekat wilayah barat kota Portland.

Penumpang pesawat yang merupakan seorang pria Nevada menggunakan aplikasi Find My iPad untuk menemukan lokasi tabletnya setelah hilang di pesawat, ujar Kler kepada AFP.

Dye mengatakan kepada polisi bahwa para penumpang pesawat tersebut mengatakan mereka menemukan tablet di kursi dan memberikan tablet tersebut kepadanya, dan dia berencana untuk mengembalikannya ke maskapai penerbangan tersebut dan tidak menggunakannya, ujar Kler.

Namun kepolisian menemukan informasi pribadinya di dalam perangkat tersebut, termasuk hari ulang tahun suaminya, ujar juru bicara tersebut.

Selamat mencoba Melacak IPhone,IPad,IPod Hilang, dan semoga bermanfaat.



Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP