Blackberry OS 7 dan Rancangan Blackberry OS 8




Blackberry OS 7 dan Rancangan Blackberry OS 8

RIM perusahaan produsen Blackberry mengenalkan sistem operasi BlackBerry barunya. BlackBerry dengan OS 7 yang membawa sejumlah perubahan. Hal itu diikuti pula dengan munculnya gadget blackberry yang menggunakan Blackberry OS 7 ini.


Research In Motion (RIM) resmi memperkenalkan 3 ponsel terbaru yakni BlackBerry Bold 9900, Torch 9860, dan Torch 9810 dengan spesifikasi dan sistem operasi terkini.


A. Beberapa hal yang perlu diketahui tentang Blackberry OS 7 itu, kutipan dari TechRadar:

1. BlackBerry 7 Tidak untuk Handset BlackBerry Lama
Seperti diberitakan sebelumnya, BlackBerry 7 OS tidak bisa dipakai di perangkat BlackBerry model lama. Jika ingin menikmati kemampuan OS tersebut, peminat harus menebus model baru BlackBerry seperti Bold Touch.

2. BlackBerry 7 Perlu Prosesor Powerful
BlackBerry 7 tak bisa dipakai di handset lama karena diperlukan power ekstra, misalnya prosesor 1,2 GHz diBold Touch. Prosesor 1,2 GHz terbilang lompatan besar. Sebelumnya belum ada prosesor sekuat ini di BlackBerry.

3. BlackBerry 7 Memiliki Browser Lebih Baik
Browser BlackBerry ditambah kemampuannya di BlackBerry 7. Dengan fitur Liquid Grafis yang ditingkatkan, rendering bakal lebih cepat. RIM mengklaim browser di OS 7 lebih cepat 1,6 kali lipat dibanding OS 6.

4. BlackBerry 7 Support HTML 5
Browser BlackBerry 7 juga memiliki full support untuk elemen HTML 5, misalnya video HTML 5 memakai video tag.

5. BlackBerry 7 Punya Fitur BlackBerry Balance
Fitur BlackBerry Balance ini didesain untuk memisahkan konten personal dan konten kerja di perangkat BlackBerry.

6. BlackBerry 7 Mengusung Docs To Go
Dengan OS BlackBerry 7 di handset Bold 9900 and 9930, user mendapat versi penuh Docs To Go dengan seluruh fitur premium tersedia. Jadi user bisa memakai Word, Excel, dan PowerPoint langsung dari perangkatnya.

7. BlackBerry 7 Support NFC (Near Field Communication)
Dengan NFC, pengguna dapat melakukan pembayaran secara langsung via handset. Fitur ini adalah semacam dompet digital di mana pengguna cukup mendekatkan ponsel ke sensor (layaknya kartu RFID pada mesin absen).

8. BlackBerry 7 Menyertakan Voice Search
BlackBerry 6 telah memperkenalkan fitur yang disebut dengan Universal Search untuk mencari konten di handset. BlackBerry 7 menyempurnakanya sehingga pencarian dapat pula dilakukan dengan suara.

9. Grafis BlackBerry 7 Lebih Baik
Ikon BlackBerry didesain ulang di OS 7. Interfacenya dinyatakan mulus saat dipakai.






1. Penyempurnaan pertama ada dalam browser

RIM mengklaim browser terbaru ini 40 persen lebih cepat dari versi sebelumnya, dan 100 persen lebih kencang dibanding browser pada OS5.browser terbaru ini telah mendukung fungsi zoom in dan zoom out melalui cubitan. Konon di dalamnya juga disematkan kemampuan mengolah HTML 5 dengan baik.

2. Kemampuan grafis BlackBerry

Selain itu, pada OS7 ini RIM juga mengoptimalkan kemampuan grafis BlackBerry yang mereka sebut Liquid graphic. Optimalisasi ini membuat ponsel BlackBerry mampu memutar dan merekam video pada resolusi 1280 X 720 tanpa masalah.

Kemampuan grafis juga mulai ditonjolkan dari segi tampilan. Pada BlackBerry Bold 9900 misalnya, pengguna akan menjumpai animasi transisi yang bergerak smooth ketika berpindah aplikasi.


3. Tampilan

Bicara mengenail tampilan, pada menu utama ponsel ini juga telah disematkan fitur pencaharian Universal Search. Fungsi ini hampir sama dengan seri sebelumnya, hanya saja ditambahkan kemampuan mencari lewat suara.Kemampuan grafis BlackBerry OS7 pun kian dipertegas dengan kapabilitas teknologi Augmented Reality yang dibanggakan.
Fitur Near Field Communication (NFC)

Fitur andalan lain di BlackBerry OS7 adalah Near Field Communication (NFC). Teknologi ini memungkinkan sebuah ponsel untuk digunakan sebagai dompet virtual.

BlackBerry OS7 baru bisa dicicipi melalui segelintir ponsel yakni, BlackBerry Bold 9900, Torch 9860, dan Torch 9810. Sayang, RIM belum bisa mengungkapkan kemungkinan untuk menggunakan sistem operasi ini pada seri BlackBerry terdahulu.

Dengan berbagai fitur dan peningkatan kemampuan dalam Blackberry OS 7 saya yakin akan makin banyak pengguna yang jatuh cinta dengan ponsel cerdas ini.

Lalu, setelah merilis OS 7 kira-kira kapan ya RIM akan merilis Blackberry OS 8?
Nah, saat ini (Mei 2012) belum dirilis blackberry OS 8 namun saya menemukan konsep atau rancangan Blackberry OS 8 di Youtube. Rancangan itu memang bukan dari pihak resmi RIM namun setelah memperhatikan detilnya menurut saya konsep tersebut luar biasa dan layak diperhatikan oleh pihak RIM sebelum merilis versi terbaru OS blackberry. 

Simak video rancangan/konsep Blackberry OS 8 berikut ini:



*** 







Ada 0 komentar untuk artikel Blackberry OS 7 dan Rancangan Blackberry OS 8


Poskan Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang