• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Penipuan Iklan di Hasil Pencarian Google

Jangan kaget dengan judul artikel ini, karena ini bukanlah penipuan seperti yang kalian duga, ini adalah missunderstanding mungkin istilahnya antara pengguna Google dengan kebijakan Google dalam penempatan iklannya.

Untuk lebih jelasnya coba anda baca berita berikut:

Sidney (AFP/ANTARA) - Raksasa internet Google pada hari Selasa dinyatakan bersalah atas iklan palsu dan menyesatkan di Australia, setelah pengadilan banding diadakan oleh regulator kompetisi di negara itu.

Google telah memenangkan kasus yang dibawa oleh Australian Competition and Consumer Commission (ACCC) pada bulan September atas klaim bahwa link sponsor pada bagian atas pencarian, menyesatkan konsumen.

Tapi pengawas mengajukan banding pada empat dari 11 kasus, dan Pengadilan Federal membatalkan keputusan.

"Menurut pendapat kami,tanpa mengurangi rasa hormat, hakim utama telah salah dan gagal dalam menyimpulkan bahwa Google terlibat dalam melakukan penyesatan dan penipuan di empat kasus," kutip kuasa hukum.

Dikatakan bahwa iklan tersebut menggunakan kata kunci Honda, Harvey World Travel, Alpha Dog Training dan Just 4X4 Magazine diterbitkan oleh Google dan membuat konsumen mengunjungi website saingan perusahaan itu.

Pengadilan memerintahkan Google, yang merupakan sebuah mesin pencari yang dominan di pasar Australia, untuk membayar biaya ACCC dan menerapkan program kepatuhan.

Mesin pencari mengatakan sedang mempertimbangkan pilihan-pilihan.

"Kami kecewa dengan keputusan Pengadilan Federal bahwa Google harus bertanggung jawab atas isi dari empat iklan khusus pada platformnya," kata Google dalam sebuah pernyataan.

“Google AdWords adalah sebuah platform untuk iklan dan kami percaya bahwa pengiklan seharusnya bertanggung jawab atas iklan yang mereka buat di platform AdWords tersebut,” tambahnya.

Bagaimana, apakah anda sudah punya bayangan tentang kesalahan Google dalam penempatan iklannya sehingga merugikan pihak lain?

Untuk lebih jelasnya saya juga sudah coba melakukan pencarian di Google dengan keyword "Sepeda Motor", walhasil memang benar bahwa diatas hasil pencarian ternyata muncul iklan (dari google) yang bagi orang awam hal itu akan dikira sebagai hasil pencarian, untuk itulah akan banyak orang yang tertipu dan melakukan klik pada iklan tersebut.

penipuan iklan di google
A= Iklan B=Hasil pencarian
Dari screeshot tersebut terlihat bahwa dalam hasil pencarian google ternyata disisipkan iklan pada bagian atas hasil pencarian, hal itu tentu akan banyak menimbulkan kesalahan bagi pengguna yang kurang jeli, dimana mereka akan mengira bahwa iklan tersebut merupakan hasil pencarian sehingga meng-klik iklan tersebut.

Permasalahan tersebut mungkin belum pernah dikasuskan di Indonesia, namun menurut saya hal itu perlu dikritisi sebab hal itu berpotensi merugikan web yang ada dibawah iklan tersebut karena mungkin sekali mereka akan berkurang pengunjungnya.

*** 


Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.

wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP