Pembagian Jenis Software Komputer




Pembagian Jenis Software Komputer

Melanjutkan tentang definisi dan jenis software komputer, sekarang saya juga memiliki definisi lebih lanjut tentang pembagian jenis software. Dimana software secara garis besar dapat kita bedakan menjadi:

a. Sistem Operasi

Jika sebuah negara tanpa adanya susunan pemerintahan, maka sudah bisa dipastikan negara itu tidak bisa berdiri dengan baik, begitu juga jika sebuah komputer tanpa adanya sistem operasi, maka komputer tersebut tidak dapat difungsikan sama sekali. Secara garis besar, sistem operasi merupakan ‘otak’ pada komputer yang memiliki kemampuan untuk mengaktifkan perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.

Sistem operasi yang terdapat pada komputer terdiri dari DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows. Untuk saat ini penggunaan sistem operasi masih didominasi oleh Windows yang dikeluarkan oleh Microsoft.

b. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman seperti PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dan C++ merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket, program aplikasi, dan lain sebagainya.

Bahasa pemrograman ini dibagi menjadi tiga tingkatan besar, yaitu:
1. Bahasa pemrograman tingkat dasar
Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
2. Bahasa pemrograman tingkat menengah
Bahasa pemrograman dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti STO (artinya simpan = STORE) dan MOV (artinya pindah = MOVE). Yang tergolong ke dalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
3. Bahasa pemrograman tingkat atas
Merupakan bahasa yang mempunyai ciri mudah dimengerti, sebab menggunakan bahasa sehari-hari. Contohnya seperti Basic, dBase, Visual Basic, VB.Net, dan lain-lain.

c. Program Utility dan Aplikasi

Program utility berfungsi untuk membantu mengisi kekurangan atau kelemahan dari sistem operasi dan memudahkan pengguna untuk melakukan akses secara cepat terhadap program yang sudah disediakan oleh sistem operasi. Kita ambil contoh misalnya saja program Tuneup Utility, dengan program ini kita bisa mengatasi beberapa permasalahan kecil yang diakibatkan oleh rutinitas kita menggunakan komputer. Selain itu dengan mudah kita juga bisa melakukan optimasi terhadap sistem operasi. Program utility yang dikenal seperti Tuneup Utility, Everest, Anti Virus, Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dan masih banyak lagi.

Program aplikasi seperti GL, MYOB, Payroll dan lainnya merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan yang dikaitkan dengan database karyawan perusahaan tersebut. Program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja, tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Departemen lain akan menggunakan program jenis ini juga tapi untuk jenis penggunaan yang berbeda. Program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan atau kebutuhan untuk seseorang, lembaga atau perusahaan.

Sementara itu program paket seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, CorelDraw Macromedia Studio, dan masih banyak lagi adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang sesuai dengan berbagai kepentingan. Sebagai contoh, Adobe Photoshop digunakan untuk editing foto dan gambar, sedangkan CorelDraw digunakan untuk menggambar dan desain grafis.

***







Ada 0 komentar untuk artikel Pembagian Jenis Software Komputer


Poskan Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang