• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Bagaimana Membuat Start Up Lokal Agar Sukses




Bagaimana Membuat Start Up Lokal Agar Sukses

Setelah kemarin kita bahas tentang Tips sukses membangun bisnis start-up berbasis internet Sekarang kita lanjut lagi mengenai bagaimana cara membangun startup lokal yang baik dan punya potensi besar nantinya.


1. Produk berbasis komunitas
Buatlah startup berbasis komunitas yang memungkinkan pengunjung bisa berkontribusi di startup tersebut. Intinya pengunjung bisa berkomentar (terlibat) dalam setiap aktivitas yang dibagi di startup

2. Produk gampang diakses
Buatlah platform yang memungkinkan startup bisa diakses melalui desktop, perangkat mobile, tablet dan sebagainya.

3. Bangunlah kultur
Contoh startup yang berhasil membangun kultur adalah Kaskus. Di situs tersebut, pengguna Kaskus akan menyebarkan kultur 'Pertamax' (untuk yang menulis pertama kali), 'cendol' (menyundul tulisan), 'agan-aganwati' (sebutan atau panggilan untuk pengguna Kaskus) dan istilah lainnya.

4. Bangun feodalisme
Agar startup dikunjungi oleh banyak orang, maka perlu keterlibatan pemilik (founder) di dalam startup tersebut, namun jangan terlalu mendominasi. Hal ini beda dengan kultur di luar negeri yang justru tidak ada keterlibatan pemilik di startup-nya.


Bagaimana Membuat Start Up Lokal
Sementara kendala akses dana, sumber daya manusia (SDM) dan lain-lainnya akan menjadi urusan teknis selanjutnya. Romi mengaku empat hal tersebut harus menjadi pedoman utama dalam membangun startup.


Tahun 2012 akan lebih banyak startup yang muncul, tetapi saya yakin akan lebih banyak juga yang mati. Kematian startup lokal terjadi karena persaingan yang ketat, nah agar anda sukses membangun start up coba fokuskan pada hal-hal potensial setidaknya ada lima hal yang sedang berkembang dalam industri startup saat ini.

1. Local Mobile Content
Dengan pertumbuhan jumlah pengguna Internet mobile, startup yang mampu mengembangkan mobile konten yang menarik akan dilirik oleh pasar lokal.

2. Location Based, NFC, AR Technology
Aplikasi atau jejaring sosial berbasis lokasi (location based) akan menjadi tren di tahun 2012. Selain itu, teknologi NFC (Near Field Communication), serta Augmented Reality (AR) Technology akan menjadi tren. Dua teknologi ini bukan teknologi baru, namun masih belum banyak dimanfaatkan untuk pengembangan startup. Tahun 2012 akan jadi peluang yang menjanjikan jika dua teknologi ini bisa dikembangkan.

3. Game dan Music
Berinvestasi dalam industri game dan musik akan menjadi tren karena dua hiburan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Rama memprediksi industri game Indonesia akan sangat berkembang di tahun 2012 jika dikelola dengan bisnis model yang tepat.

4. User Generated Content
Karakter orang Indonesia yang menyukai komunikasi dan berjejaring akan membuat startup yang bergerak dalam user generated content bisa berkembang.

5. Travel
Industri travel akan berkembang di tahun 2012 karena kenyataan bahwa masyarakat menengah di Indonesia mulai bertambah dan mulai senang melakukan perjalanan ke luar kota. Ini menjadi ladang yang seharusnya bisa dieksplorasi.

Secara umum, industri telekomunikasi akan menjadi penggerak tumbuhnya startup lokal. Selain itu, inkubator juga akan semakin banyak karena investor yang datang dari negara lain ingin agar startup yang mereka rangkul memiliki kompetisi yang memadai.

Investor akan banyak datang dari Jepang, Cina, dan Amerika Serikat, untuk melihat potensi Indonesia dengan pangsa pasar yang luas. Startup lokal akan punya tempat belajar yang beragam, sarana pembelajaran yang memadai, dan kompetisi yang semakin ketat.

***







Ada 1 komentar untuk artikel Bagaimana Membuat Start Up Lokal Agar Sukses

DotNex.Net on Kamis, 19 April 2012 01.02.00 WIB mengatakan...

stay tune gan... :D


Posting Komentar


 

garis hijau panjang