header wahyu winoto blog

Cara bermain PS (Play Station) di komputer

Pernahkah anda berpikir untuk memainkan game Playstation2 favorit anda di PC? Atau apakah anda tdk berniat membeli konsole PS2 tapi punya komputer dan ingin mencoba memainkannya di komputer anda?? 

Yap,seperti yang anda ketahui,komputer di desain untuk dapat melakukan berbagai peran device tertentu seperti vcd/dvd,mp3,recorder,dll tentu tidak mustahil untuk digunakan sebagai alat untuk memainkan game ps2.


Bagi anda penggemar PS2,mungkin ini adalah cara yang praktis untuk memamfaatkan komputer anda untuk bermain PS2.karena disini kita hanya perlu satu aplikasi untuk bisa menjalankan nya (PCSX2 Emulator). Kenapa ku milih pcsx2? Yach karena bagiku emulator ini cara njalaninnya mudah alias gampang banget tinggal extrack and main.

Pada aplikasi ini memang diperlukan spek komputer yang tinggi agar game yang anda jalankan bisa berjalan lancar.

Silahkan download PS Emulator / aplikasi nya di link ini DOWNLOAD PCSX2 + BIOS FULL atau jika mau satu-satu bisa gunakan link ini download PS2 Emulator dan BIOS.


Jika anda ingin mencoba emulator versi yang lain bisa cari di http://www.emulator-zone.com/doc.php/ps2/

Berikut cara penggunaannya :

1. ekstrak dahulu file yang telah anda download tadi,kemudian buka aplikasinyapcsx2.exe ato kalo gak bisa pcsx2t.exe (non VM version). 
2. setelah itu klik config dan klik configure. 
3.selanjutnya akan muncul menu configuration,,di sini anda harus meng set pluginsdirectorynya.plugins itu pun sudah tersedia dalam folder yang anda ekstrak tadi.
4.kemudian anda juga harus meng set bios directory,bios itu pun juga sudah tersedia dalam folder yang anda ekstrak tadi. 
5. jika sudah,sekarang langsung klik OK. 
6. sekarang tinggal masukkan DVD PS2,selanjutnya tinggal pilih menu RUN DVD.

Pengaturan PS Emulator
Klo gak mau run dari DVD juga bisa, caranya tinggal buat Image DVDnya lalu disimpen dech di hardisk jadi gak perlu repot2 masukin DVD nya.

Spesifikasi komputer yang dapat memainkan game ps2 dengan baik 

Processor : intel pentium dual core atau diatasnya 
RAM : minimal 1GB (untuk XP) , 2GB (untk Vista) 
VGA :min 256MB (Nvidia/ATI Radeon) 
Motherboard n Bios harus ada feature: MMX, SSE, SSE2, SSE3, SSSE3, SSE4.1

Masalah yang biasa timbul adalah “Error opening GS Plugin“. untuk trouble seperti ini memang banyak yang mengalami, jadi usahakan gunakan spek yang baik dan sesuai misalkan:

Spesifikasi untuk kartu grafis: Harus dilengkapi dengan feature Pixel Shader TM, paling tidak mesti yang Versi 1.3 yang digunakan sebagai plugin GSDX9. Saya rekomendasukan agar memakai VGA Card ATI Radeon yang 9250/9550 atau bisa juga yang Ge-Force FX 5200 Ultimate/ 6800. Dan sebagai GS Plugin bawaan PCSX 2.09 memerlukan paling tidak (minimum) Pixel Shader yang memiliki versi 2++.

Untuk menge-cek versi pixel shader nya, silahkan ikuti langkah berikut:

Pilih “configures” lalu pilih “Plugin” lalu di bagian GS Plugin (bagian sebelah kiri di pojok atas) kita ubah menjadi GSDX9. Selanjutnya kita pilih setting. kemudian mulai lah kita konfigurasi/setting resolusi dsb. Lalu pada bagian kolom ketiga akan terlihat combo box. Bila muncul Pixel Shader (ex: Pixel Shader 1.4) itu menunjukan VGA Card kita telah memakai Pixel Shader 1.4 (minimal penggunaan 1.3). 




Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP