Agar Batrai Blackberry Tahan Lama dan Awet




Agar Batrai Blackberry Tahan Lama dan Awet

Seperti sudah kita ketahui, untuk memaksimalkan kinerja fitur Blackberry (browser push, dukungan 3G & 2G, aplikasi BBM, koneksi real-time, dan fitur-fitur lainnya) BB membutuhkan daya yang lebih banyak.

Baterai BlackBerry sendiri sebenarnya telah dioptimalkan untuk mendukung segala fitur tersebut. Namun tetap saja kondisi baterai akan menurun seiring dengan masa penggunaannya. Berbeda dengan kondisi baterai BB saat masih baru, dimana baterai tersebut bisa bertahan selama 2-3 hari.

Sebelum kita lanjut lagi pembahasan tentang blackberry, saya juga punya beberapa tips seperti "Cara Merawat BlackBerry Agar Awet" dan "Agar Touchscreen / Layar Sentuh Bisa Awet", ada pula "Agar Baterai Kamera Bisa Awet" serta "HP China Terbaik & Paling Awet", silahkan klik untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Ok, lanjut lagi ke BB, banyak faktor yang mempengaruhi daya tahan baterai BlackBerry, seperti tingkat penggunaan/aktivitas, serta pengaturan (setting) pada BlackBerry itu sendiri. So, melakukan sedikit perubahan pada pengaturan Blackberry tentu saja dapat memperpanjang daya tahan baterai, tanpa harus menurunkan volume aktivitas BlackBerry yang umumnya memang sangat padat, alias tak pernah lepas dari genggaman .

Agar Batrai Blackberry Tahan Lama dan Awet
Agar Batrai Blackberry Tahan Lama dan Awet
Untuk menghemat baterai BB, sekaligus memperpanjang umur baterai, cukup dengan mengubah beberapa pengaturan pada Options. Berikut adalah 10 pengaturan yang harus diset agar baterai BlackBerry bisa awet dan dapat bertahan digunakan lebih lama.

1. Kurangi tingkat kecerahan layar/backlight brightness (screen brightness). Tinkat kecerahan yang paling minimum pada BlackBerry pun masih ‘cukup terang’ untuk digunakan. Untuk mengaturnya, masuk Option –> Screen/Keyboard, kemudian atur Backlight Brightness menjadi 20 atau 10. Sesuaikan saja dengan kenyamanan sobat.

2. Atur backlight timout secepat mungkin. Masuk Option –> Screen/Keyboard, ubah nilai Backlight Timeout menjadi 10 Sec/Detik.

3. Matikan beberapa fitur yang sedang tidak digunakan, seperti wi-fi, bluetooth dan GPS.

4. Nonaktifkan fungsi seperti LED indicator dan keypad tone.

5. Gunakan network atau signal 3G hanya untuk waktu-waktu tertentu saja, misalnya saat ingin men-download file berukuran besar (>2 MB) atau saat benar-benar dibutuhkan. Di luar itu, gunakan saja network 2G (EDGE), apalagi saat BB sedang nganggur atau jika ingin tidur di malam hari. Hal ini akan sangat menghemat baterai, karena yang paling membutuhkan banyak energi adalah saat BB searching dan mengakses jaringan 3G. Ubah pengaturannya di Option –> Mobile Network dan ubah Network Mode menjadi 2G.

6. Gunakan theme BB yang ringan dan tanpa animasi berlebihan.

7. Tutuplah aplikasi dari pihak ketiga (third party) jika sedang tidak digunakan (ex: Facebook, Ubuntu, Twitter, Games, dll). Tutup aplikasi tersebut dengan tombol Escape atau melalui menu dan pilih close, bukannya dengan menekan tombol End, karena jika menggunakan tombol End maka aplikasi tidak akan tertutup dan tetap berjalan di background.

8. Tidak perlu menggunakan mode getar dan ringtone bersamaan. Menggunakannya secara bersamaan membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Gunakan salah satunya saja, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

9. Hapus aplikasi yang tidak/sangat jarang digunakan. Selain membuat baterai tidak cepat terkuras, ini juga akan menghemat memory. Masuk Option -> Advance option -> Application, kemudian delete/hapus aplikasi yang tidak perlu.

10. Sesuaikan pengaturan pada Profile sehemat mungkin. Atur volume, lampu LED, vibrate/getar sehemat mungkin untuk SMS, MMS, BBM alert, email, Message, dan peringatan notifikasi lainnya.

Itulah beberapa cara menghemat baterai Blackberry yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat.







Ada 0 komentar untuk artikel Agar Batrai Blackberry Tahan Lama dan Awet


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang