header wahyu winoto blog

Agar Baterai Kamera Bisa Awet

Kamera digital seolah telah menjadi perangkat yang wajib dibawa saat bepergian. Apalagi jika hendak mengunjungi tempat-tempat wisata favorit bersama teman dan keluarga.
Namun apa kendala utama yang paling dibenci para pengguna? Ya, baterai! Cukup membuat jengkel jika di saat Anda ingin mengabadikan momen terbaik ke dalam sebuah gambar, ternyata baterai pada kamera sudah sangat lemah.

Untuk itu, berikut tiga tips sederhana yang mungkin bisa membantu menghemat dan memperpanjang umur baterai:

1. Lakukan pengaturan pada LCD
Dari sekian banyak komponen pada kamera digital, LCD merupakan salah satu bagian yang paling banyak menyedot tenaga baterai. Berbagai produk kamera saat ini sudah memiliki setting untuk mengatur brightness pada LCD.

Jika baterai Anda mulai melemah, segera kurangi tingkat pencahayaan hingga ke level paling rendah. Perlu dicatat bahwa menurunkan brightness akan sedikit menyulitkan Anda saat melihat LCD di bawah sinar matahari.

2. Gunakan fitur 'Power Saving'
Kebanyakan kamera digital yang beredar saat ini sudah memiliki fitur tersebut. Sesuai namanya, fitur ini akan melakukan berbagai cara untuk meminimalkan penggunaan tenaga baterai.

Anda dapat menemukan Power Saving di salah satu lokasi, misalnya Menu, Setting, atau Option. Kombinasikan fitur ini dengan tips nomor 1 di atas untuk dapat memotret lebih banyak lagi sebelum baterai habis.

3. Perawatan baterai secara teratur
Apa yang Anda rasakan saat umut baterai kamera Anda telah mencapai satu atau dua tahun? Ya, penurunan kualitas. Dari yang semula mampu bertahan lebih lama kini menjadi lebih cepat habis.

Sebagai perawatan, Anda tidak dianjurkan untuk mengisi ulang baterai saat tenaga di dalamnya masih relatif penuh. Artinya, gunakan dahulu tenaga pada baterai tersebut sampai benar-benar habis.

Jika tidak akan digunakan dalam waktu yang lama, selalu pastikan masih ada daya yang tersisa dalam baterai tersebut. Terakhir, jangan sampai menjatuhkan baterai dari ketinggian berapa pun karena berpotensi merusak polaritas sel di dalamnya.

Sumber | ghiboo

***


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP