Tips Menulis dengan Baik dan Benar di Internet




Tips Menulis dengan Baik dan Benar di Internet

Tips sederhana menulis artikel yang mungkin bisa menjadi acuan bagi anda setiap anda menulis artikel. Tips ini lebih saya tujukan bagi anda yang menulis di media online seperti pada blog meski tidak menutup kemungkinan dapat pula diterapkan untuk penulisan secara umum.


Sebelum menuju tips menulis yang baik dan benar, saya ingin bertanya, apakah anda pernah membaca situs-situs besar seperti kompas.com, id.yahoo.com, vivanews.com dan portal-portal situs lainnya? Sekarang saya tanya lagi, mengapa ada puluhan ribu orang tiap hari yang rela berlama-lama membuka situs-situs tersebut? 

Alasan pertama tentu karena kebutuhan informasi, namun ada alasan lain mengapa kita mau berlama-lama membaca tulisan-tulisan di situs media mainstream tersebut, yaitu gaya penulisan yang baik dan mudah di cerna, itu yang akan kita cermati. Mengapa situs web tersebut nyaman untuk dibaca? Sudah barang tentu karena kemampuan penulisnya yang bagus serta dukungan berbagai sumber daya penunjangnya.

Nah, jika anda juga ingin belajar menulis dengan baik dan nyaman untuk dibaca saya cuplikkan beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk melatih kemampuan menulis khususnya di dunia internet/blog.


1. Mulailah Dengan Cerita


Tips pertama, Anda dapat memulai paragraf pertama blog Anda dengan bercerita.
Secara psikologi, kita mudah larut dalam sebuah cerita. Story telling sangat powerful dalam meng-capture perhatian dari visitor blog Anda. Untuk itu, mulailah blog Anda dengan sebuah cerita relevan yang ditulis di paragraf pertama blog Anda. Pendahuluan yang Menarik dalam menulis mencakup judul dan kalimat pembuka suatu artikel, buatlah semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membaca artikel anda.


2. Gunakan Teknik “Singkat jelas”


Daripada menulis yang panjang-panjang dalam satu paragraf, lebih baik menulis singkat-singkat dalam paragraf yang pendek. Idealnya, maksimal dalam satu paragraf adalah sekitar 3 – 4 kalimat (tergantung dari lebar blog dan ukuran font yang digunakan).

Jika Anda perhatikan, posting ini pun saya ketik dalam format paragraf yang singkat-singkat. Mengapa? Karena paragraf yang panjang hanya akan membuat text wall yang tidak nyaman dibaca.


3. Gunakan Sub-Judul


Ingat aturan ini: Dalam membaca artikel di Internet, orang selalu dalam keadaan “screening” dahulu sebelum “reading”.

Artinya, mereka tidak akan membaca blog Anda huruf demi huruf dari atas sampai bawah. Mereka akan “screen” dahulu kata-kata mana yang dapat meng-capture perhatian mereka, baru mereka akan membacanya lebih lanjut. Jadi pintar-pintarlah dalam pemilihan kata dan penempatan istilah yang tepat serta menarik perhatian.


4. Tulisan Mudah Di Mengerti


Usahakan setiap tulisan-tulisan anda mudah di mengerti oleh para pembaca, jangan anda pergunakan kata-kata yang di singkat, seperti “yg”, “jgn” “benar2″ atau kata-kata yang di singkat lainnya.

5. Konsisten

Misalkan anda konsisten dengan cara anda menyajikan sebuah artikel atau bisa konsisten dengan tema yang anda angkat selama ini.

6. Cek Sebelum Mempublikasi Artikel

Sebagian besar blogger biasanya langsung mempublikasikan artikel yang sudah di tulisnya tanpa mengecek kembali ejaan atau kalimat-kalimatnya, barang kali ada yang kurang satu huruf atau tidak di beri spasi antara satu kata dengan kata lainnya. Terkadang hal kecil tersebut akan sedikit mengganggu pembaca.

Semoga sedikit tips tersebut dapat bermanfaat dan dapat membantu anda berlatih menjadi penulis yang bagus dan hebat. Salam sukses.



***







Ada 1 komentar untuk artikel Tips Menulis dengan Baik dan Benar di Internet

Levry Kurniawan on Rabu, 28 Maret 2012 12.40.00 WIB mengatakan...

Terima kasih banyak atas tips nya gan...
Sangat bermanfaat buat saya yang baru belajar nulis. :)


Poskan Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang