header wahyu winoto blog

Mengamankan twitter dari hacker

Sekarang ini Twitter telah berkembang lebih besar, bukan hanya sebagai situs jejaring sosial namun telah mampu digunakan untuk media promosi maupun penggalangan masa, untuk itulah banyak orang yang berlomba mendapatkan banyak follower sebagai lahan bisnisnya.

Munculnya trend tersebut ternyata diikuti pula oleh munculnya aktivitas hacking twitter, hack twitter biasanya dilakukan untuk mengambil alih akun twitter yang memiliki banyak follower, karena makin banyak follower akan makin bagus untuk media promosi atau bahkan bisa untuk dijual.

Nah, bagi anda yang merasa memiliki twitter potensial dan memiliki banyak follower maka saya sarankan untuk berhati-hati, karena akun anda bisa jadi menarik perhatian tangan-tangan hacker untuk berusaha mengambil alih akun anda.

Untuk mengamankan twitter dari serangan hacker silahkan ikuti pedoman dasar yang dari twitter.com dan beberapa tambahannya berikut ini:

1. Gunakan password yang unik dan kuat
Pilih password yang kuat (yang sulit ditebak) pada saat membuat account. Disarankan pula untuk menggunakan password yang berbeda-beda untuk setiap situs yang digunakan. Jadi jika salah satu account disusupi, sisanya aman.

Jika mengetahui bahwa akun Twitter dibajak, segera ubah password Anda. Pengubahan password bisa dilakukan melalui menu dropdown yang ada di pojok kanan Twitter. Klik Settings dan masuk ke add-on Password.

2. Cek URL Situs Sebelum Login
Aksi kejahatan phishing biasanya akan membujuk korban untuk memberikan username dan password, setelah itu phisher (pelaku phishing) mengirimkan spam ke semua pengikut (follower) account Twitter Anda. Seringkali phisher mencoba menipu korban dengan memberikan link yang mengarahkan korban ke halaman login palsu.

Karena itu, waspadalah setiap kali meng-klik link, meski link tersebut berasal dari seorang teman. Sebab bisa saja account teman Anda telah disusupi dan yang mengirimkan link tersebut adalah spammer.

Pastikan ada berada pada halaman login Twitter yang asli. Sebelum menginput password, periksalah URL pada address bar browser dan pastikan Anda benar-benar berada di halaman login Twitter.com. Lebih baik lakukan login langsung pada homepage Twitter.com jika Anda tidak yakin. URL login Twitter yang resmi adalah:
* http://twitter.com/
* http://twitter.com/login

Sedangkan kalaman phishing seringkali menyerupai / mirip dengan halaman Twitter yang resmi. Berikut ini contoh URL halaman Twitter yang palsu:
* http://twitter.example.com
* http://twitter.photobucket.example.com
* http://twitter.com@example.com

3. Twitter Tidak Pernah Meminta Password
Ingatlah, pihak internal Twitter tidak pernah mengirimkan email, mengirimkan pesan langsung, ataupun meminta Anda me-reply pesan yang meminta Anda untuk memberikan password. Jika Anda mencurigai account Anda telah menjadi korban phishing atau di-hack, sebaiknya reset password Anda. Dalam kasus ini, Twitter akan mengirimkan email berisi sebuah link dimana Anda dapat mereset password Anda jika sebuah account dicurigai menjadi korban phishing / hacking, namun tidak akan meminta Anda untuk mengirim email yang mengharuskan Anda memberikan password yang lama. Jika Anda lupa password Twitter Anda, cobalah direset melalui halaman Twitter.com dengan URL: http://twitter.com/account/resend_password
twitter.com/wahyu_winoto

4. Teliti Sebelum Meng-klik Link di Twitter

Ada banyak link yang berseliweran dan di-share di Twitter, dan banyak juga yang mem-posting URL shortener. URL shortener, seperti bit.ly atau TinyURL, adalah link yang disingkat yang mengarahkan Anda ke sebuah link yang lebih panjang. URL shortener banyak dipakai agar lebih mudah melakukan sharing. URL shortener juga dapat ‘mengaburkan’ domain, sehingga sulit untuk mendeteksi kemana arah link ini mengacu.

Beberapa browser menawarkan plug-in yang dapat menampilkan URL yang sebenarnya, tanpa harus meng-klik URL shortener tadi. Silahkan cari saja diinternet jika anda membutuhkannya.

5. Update Komputer dan Browser

Rutinlah meng-update browser dan sistem operasi Anda dengan patch dan versi terbaru. Patch biasanya dirilis untuk mengatasi ancaman keamanan tertentu. Jangan lupa untuk memindai (scanning) komputer Anda secara berkala terhadap virus, spyware, dan adware. Jika Anda menggunakan komputer umum, seperti komputer di perpustakaan atau sekolah, pastikan selalu sign-out dari account Twitter Anda setelah selesai.

6. Ingatkan Teman dan Follower yang Diduga Jadi Korban

Jika Anda mendapatkan link aneh dari pengikut (follower) yang menurut Anda merupakan sebuah situs phishing atau situs spam, mintalah dan sarankan teman Anda untuk segera mengubah password mereka.

7. Hati-hati Memilih Aplikasi Pihak Ketiga

Ada banyak aplikasi Twitter dari pihak ketiga yang dapat di-download untuk digunakan di ponsel. Aplikasi ini dibangun pada platform Twitter oleh pengembang eksternal Twitter. Untuk jaga-jaga saja, berhati-hatilah terhadap aplikasi yang menawarkan iming-iming uang ataupun follower di Twitter. Beberapa aplikasi ini meminta username dan password. Melakukan analisis dan teliti secara menyeluruh terhadap sebuah aplikasi adalah langkah bijak yang harus dilakukan sebelum memberikan informasi account ke pihak ketiga.

Tambahan:

Jika akun twitter anda mencurigakan seperti terkena serangan hacker, maka segeralah ganti password, lalu matikan semua akses ke semua aplikasi pihak ketiga yang terlihat mencurigakan. Penghentian akses ini bisa dilakukan melalui add-on “Applications” di halaman “Settings”.

Kemudian, demi keamanan jika akun twitter pernah dibajak sebaiknya hapus semua arsip twitter dan Direct Messages (DM) yang dibuat selagi akunnya dibajak. Kalau perlu hapus/blokir teman/follower yang mencurigakan.

Semoga bermanfaat.

***


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP