header wahyu winoto blog

Mengaktifkan / Memasang Tulisan Huruf Arab di Windows


Bagi para pengguna komputer terkadang membutuhkan aplikasi untuk menulis huruf arab. Misalkan saat hendak membuat soal ujian anak-anak sekolah untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam biasanya guru membutuhkan Tulisan Arab untuk mendukung soal-soal buatannya.


Nah, oleh karena masih banyak komputer-komputer sekolah yang belum dilengkapi aplikasi huruf arab, maka saya mencoba membuat panduan untuk setting dan install huruf arab di komputer Windows (saya disini praktekkan menggunakan Windows XP), kurang lebih langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Sediakan CD Windows XP kemudian masukkan ke CDROM komputer.
  2. Lalu, klik Start dan masuk ke Control Panel => Regional and Language Options => Language. Sampai di sini kemudian berilah tanda centang (v) pada Install files for complex script and right-to-left languages => OK.
  3. Setelah itu pada Regional and Language Opton pilih Advanced dan pada pilihan Code page conversion tables hilangkan tanda centang (v) pada selain bahasa Arab.
  4. Kembali ke Regional and Language Option pilih Languages => Details => Add => Add Input Language => Input Language => Arabic (Saudi Arabia) => OK.
Menulis huruf arab di keyboard
Jika langkah-langkah tersebut sudah anda jalankan biasanya komputer anda sudah bisa support tulisan arab. Anda tinggal menambahkan saja Font arab ke Control Panel > Fonts.







Sekarang coba buka MS Office, lalu coba mengetiklah sesuatu dengan panduan menulis huruf arab di komputer sebagai berikut:
ا : H
ب : F
ت : J
ث : E
ج : [{
ح : P
خ : O
د : ]}
ذ : `~
ر : V
ز : .>
س : S
ش : A
ص : W
ض : Q
ط : ‘ “
ظ : ?/
ع : U
غ : Y
ف : T
ق : R
ك : ;:
ل : G
م : L
ن : K
و : ,<
هـ : I
لا : B
ء : X
ي : D
أ : SHIFT+H
إ : SHIFT+Y
ؤ : C
ئ : Z
ه : I
ة : M
ى : N
آ : SHIFT+N
لآ : SHIFT+B
لإ : SHIFT+T
لأ : SHIFT+G
ـه : I
ـة : M
الله : HGGI
Syakal dan Tanda Baca:
FATHAH : SHIFT+Q 
TASHDID : SHIFT+`~
KASRAH : SHIFT+A 
KOMA : SHIFT+K
DLAMMAH : SHIFT+E
TITIK : SHIFT+.(TITIK)
SUKUN : SHIFT+X 
GARIS MIRING / : SHIFT+L
FATHATAIN : SHIFT+W 
TANDA TANYA ؟ : SHIFT+?
KASRATAIN : SHIFT+S
TITIK KOMA ؛ : SHIFT+P
DLAMMATAIN : SHIFT+R
Tambahan:
- Syakal tegak menggunakan Insert => Symbol (tetapi jika file hasil ketikan dipindah ke komputer lain biasanya simbol berubah, untuk itu simbol ini perlu diubah lagi karena mungkin syakal tegak menjadi berubah simbol).
- Saat menulis huruf arab cara menambah panjang huruf adalah dengan menekan tombol SHIFT+J 
- Biasanya penulisan Angka arab belum sesuai, untuk itu lakukan pengaturan dengan klik menu Tools => Options => Complex Scripts => Numeral => Context 


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP