header wahyu winoto blog

Membuat forum dengan wordpress (dengan 5 Plugin Khusus)

Template wordpress yang didesain khusus untuk membuat forum cukup banyak bisa kita temukan, bahkan lebih praktis lagi kini membuat forum di wordpress cukup dengan menambahkan Plugins tertentu, tinggal install dan forum bisa langsung online.

Cukup banyak master blogger yang merekomendasikan agar selain blog kita juga membuat forum dengan subdomain kita, alasannya konon katanya bagus untuk SEO sekaligus ampuh untuk menyusutkan angka ranking Alexa.

Terlepas dari itu hingga saat ini saya belum tertarik membuatkan forum untuk blog ini, meski saya juga telah memiliki forum ditempat lain dengan berbasis Wordpress.

Nah, ngomong-ngomong tentang cara membuat forum berbasis wordpress kali ini saya bukan hanya akan tunjukkan satu cara namun saya tunjukkan 5 cara membuat forum dengan wordpress. Kelima cara tersebut bukan berarti harus saya jabarkan satau persatu, anda cukup gunakan alat yang saya berikan, kemudian bangun forumnya, jika ada kesulitan bisa kita diskusikan melalui kolom komentar. Ok, langsung saja simak 5 plugins wordpress untuk membuat forum:


1. bbPress Bulletin Boards

bbPress%20Bulletin%20Boards 5 Plugin Forum Wordpress TerbaikMeskipun instalasi pligin ini tidak seperti biasanya, bbPress yang dibuat oleh Automattic, orang-orang di belakang WordPress. bbPress adalah software terpisah dari WordPress dan membutuhkan sedikit pengalaman dalam melakukan setting, tapi integrasinya erat dengan WordPress dan keanggotaan.

2. Simple:Press

Simple%20Press 5 Plugin Forum Wordpress Terbaik
Simple: Press adalah sebuah WordPress plugin untuk forum yang kaya akan fiturnya. Plugin ini sepenuhnya dapat disesuaikan dan dilengkapi dengan sejumlah skin dan ikon. Kemampuannya yang kuat dan fleksibel pada sistem perizinan membuat forum ini sangat cocok dipakai untuk private, forum khusus dengan member yang di-invite tapi juga bisa dibuat untuk publik dan tamu diperbolehkan posting.

3. Zingiri Forum

Zingiri Forum 5 Plugin Forum Wordpress TerbaikZingiri adalah plugin unik yang mengintegrasikan perangkat lunak forum yang ada, myBB ke WordPress. Zingiri menyediakan suatu tool untuk menghubungkan MyBB, mudah digunakan, powerful, multi bahasa, fitur yang dikemas di dalamnya dan software forum gratis dengan WordPress. MyBB juga mencakup sistem reputasi, multi-quote dan kemampuan untuk membuat custom BBCode (disebut MyCodes).

4. Tal.ki Forums

Tal.ki Forums 5 Plugin Forum Wordpress Terbaik
Plugin Tal.ki Forums sangat mudah diinstal dan dikonfigurasi karena secara otomatis ia mendeteksi tema dan style WordPress anda. Uniknya, Tal.ki ini dapat juga digunakan pada situs yang tidak menggunakan WordPress.

5. Simple: Press

WP Forum 5 Plugin Forum Wordpress Terbaik
Ini adalah wordpress plugin untuk forum yang paling populer, dengan lebih dari 57.000 pengguna sudah menginstalnya. WP-Forum mendukung banyak skin dan seorang admin mempunyai pilihan untuk mengaktifkan postingan tamu dengan atau tanpa Captcha. Plugin ini integrasinya dengan WordPress sangat kuat sehingga membuat plugin ini mudah digunakan dan dikelola.


Demikian sedikit ulasan dari saya, semoga bisa membantu anda yang ingin membangun/membuat forum dengan Wordpress. 

Oya, tadi saya juga barusan iseng membuat forum sederhana, silahkan cek saja di link.development.web.id (formatnya situs social bookmark dengan berbasis wiki press), dan juga hostingmen.tk (kalau ini layanan hosting gratis, dibangun dengan wordpress juga).


Selamat mencoba !




*** 
Baca juga: Sewa Ruang Kantor Jakarta Murah dan Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik serta Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik dan Hotel Murah di Semarang via klikHotel.com
Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP