Membuka IP Terblokir PBL Menggunakan Spamhause




Membuka IP Terblokir PBL Menggunakan Spamhause





Melanjutkan artikel saya terdahulu tentang "CARA MENGECEK DAN MEMBUKA SITUS DAN IP YANG TERBLOKIR", kali ini saya akan berikan panduan cara untuk menggunakan spamhause yang biasa digunakan sebagai rujukan saat mendeteksi pemblokiran akses komputer kita ke internet dan meromove IP kita dari daftar PBL, dll.

Beberapa rekan bertanya tentang cara menggunakan spahause dan bagaimana cara meromove ip mereka yang katanya kena virus atau apalah yang menyebabkan IP mereka masuk daftar PBL, SBL, XBL, DBL serta menyebabkan diblokir oleh ISP. Namun taukah kamu kawan, sebenarnya spamhouse itu sendiri bukan parameter pasti tentang pemblokiran akses internet. Kalau gak percaya baca aja nih cuplikan yang ada di situs resmi spamhouse:

“It is perfectly normal for dynamic IP addresses to be listed on the PBL. In fact all dynamic IP addresses in the world should be on the PBL.” 

Translate sederhananya dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah: “Sangat normal sekali jika IP address dinamis terdaftar pada PBL. Dan faktanya, semua IP dinamis di seluruh dunia memang seharusnya terdaftar pada PBL“.


Yang saya gak habis pikir adalah, kenapa Speedy merekomendasikan pelanggannya yang bermasalah dengan IP nya untuk melakukan delist IP mereka dari Spamhaus, yang memang (kebanyakan) terdaftar pada PBL. Padahal, Spamhaus sendiri mengatakan jelas-jelas bahwa “THE PBL IS NOT A BLACKLIST“.

Ok, saya kira itu aja basa-basinya, langsung aja kita ke cara membuka IP komputer kita yang terblokir PBL melalui spamhause. Cara ini bisa dilakukan untuk memeriksa, menghapus, menghilangkan, atau membersihkan IP yang terdaftar di PBL spamhause.

a. Masuk ke http://www.spamhaus.org/ lalu klik PBL dan temukan Blocklist Removal Center.

b. Kalau kelamaan langsung aja ke http://www.spamhaus.org/lookup.lasso

IP
c. Pada bagian “Enter an IP address“, masukan IP kamu yang ingin dicek, dan klik “Lookup“.

d. Setelah proses berjalan, nanti akan terlihat apakah IP kamu terdaftar pada Spamhaus atau tidak, dan jika terdaftar masuk kategori apa. 


Contoh : Lihat gambar di bawah:
Indikator masuk PBL
e. Kalau komputer kamu terdaftar pada PBL (terlihat dari indikator seperti pada gambar diatas), lalu kamu klik saja ID PBL-nya.

f. Selanjutnya nanti kamu akan menuju halaman untuk meremove IP kamu dari daftar PBL. Selanjutnya kamu klik tombol “Remove an IP from PBL“.

Centang dan klik Remove IP Address
Isi dengan data-data kamu
Oya, saat kamu me-request untuk penghapusan IP, pastikan kamu tidak menggunakan email gratisan seperti Gmail, Yahoo, Hotmail, dll. Karena tidak akan di-approve. 

Kalau dulu saya menggunakan email dengan ekstensi @wahyu-winoto.com, namun karena kamu tidak punya itu maka saya sarankan gunakan saja email dari Speedy yakni @telkom.net.id (buat dulu akun email di telkom.net.id).

g. Setelah kamu submit untuk remove IP dari PBL, maka kamu akan mendapatkan email berisi kode verifikasi yang dikirimkan ke inbox email kamu yang tadi digunakan saat mengisi form.

h. Cek email kamu, lalu temukan kode verifikasinya.

i. Masukkan kode verifikasi ke form yang disediakan (lihat gambar berikut).

Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email kamu
j. Terakhir, klik Finish.

Setelah proses tersebut dilakukan, biasanya butuh waktu sekitar 1-3 jam sebelum IP address yang kita gunakan hilang dari database blacklist DNS, karena memang biasanya butuh waktu beberapa jam sebelum database DNS ter-reset. 


Selamat mencoba Cara Membuka IP Terblokir PBL, SBL, XBL, DBL Menggunakan Spamhause !!!







Ada 6 komentar untuk artikel Membuka IP Terblokir PBL Menggunakan Spamhause

mamang mengatakan...

eit, dah! thank u mas bro ...

Ameen on Senin, 16 Januari 2012 21.13.00 WIB mengatakan...

sip sekali tulisannya...mantaap, berguna sekali...thank u

Anonim mengatakan...

klo eror ja gmn om.aku dah coba 1 bulan tp tetep ga bs di hapus ja .....tolong informasinya kirim ke email solga38@ymail.com

Anonim mengatakan...

om tolong minta bantuannya ...aku ga bisa ngehapus pbl dah satu bulan yang lalu smpai sekarang ......mohon bantuannya .....kirim ke email solga38@ymail.com

Anonim mengatakan...

wah,...saiia gak punya selain free email.....ada yg mau pinjemin email gk ya..

Anonim mengatakan...

Thanks Bro... Udah berhasil!... hehehe


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang