XLangkah Lebih Maju Karena Internet




XLangkah Lebih Maju Karena Internet


XLangkah Lebih Maju Karena Internet

Saya boleh dibilang masih "hijau" dalam dunia internet, masih newbie kalau kata anak-anak gaul. Saya baru beberapa tahun kenal dengan internet, lalu kenal dengan yang namanya blog juga serasa baru kemarin sore. Bandingkan dengan para blogger senior yang sudah kenal internet sejak tahun 90-an atau awal 2000-an, waktu itu bahkan saya belum tau komputer apalagi internet. Terkait hal itu saya telah menuliskan sedikit curhat saya tentang minimnya pembangunan dan perkembangan teknologi di daerah saya pada halaman Tentang Kami.

1. Internet Pemicu Langkah untuk Lebih Maju

Awal perkenalan saya dengan internet dimulai saat saya diajari cara mencari tugas sekolah hingga tugas masa kuliah, waktu itu guru dan dosen saya sering bilang ''cari saja di google", dari situlah saya sedikit demi sedikit tahu apa yang ada di internet.

Dengan makin mudah dan murahnya akses internet sekarang ini, saya jadi makin mudah belajar dari internet. Bahkan dalam perkembangannya, belajar saya dari internet telah mengantarkan saya bukan hanya untuk mencari tugas-tugas sekolah atau kuliah seperti dulu lagi, namun lebih dari itu sekarang saya bisa belajar dan menekuni banyak hal lain yang menguntungkan baik secara keilmuan, finansial, maupun sosial.

Sedikit cerita, dulu saya biasa mengakses internet melalui warnet, kemudian berkembang dengan membeli PC sendiri dilengkapi modem HP CDMA yang sempat booming waktu itu, namun seperti sudah bisa kalian duga bahwa akses internet dengan modem HP seperti itu jelas kurang optimal untuk mengembangkan kemampuan berinternet. Untunglah sejak beberapa tahun terakhir ini ada sebuah provider GSM yang berbaik hati dan membangun tower BTS di desa saya, walhasil dengan adanya BTS tersebut akses internet menggunakan jaringan mereka menjadi lancar, cepat, dan hingga saat ini jaringannya tetap saya pakai dan percayai untuk teman aktivitas online tiap hari.

Operator telekomunikasi yang membangun tower BTS di desa saya hingga saat ini adalah dia yang akrab dengan slogannya XLangkah Lebih Maju, dan dia sangat berjasa bagi saya khususnya dan bagi masyarakat lain pada umumnya.

Rekan-rekan yang membaca tulisan ini mungkin setuju bahwa, hadirnya internet disekitar kita berdampak pada perubahan beberapa pola kehidupan kita. Semakin kenalnya saya dengan internet, saya menjadi lebih percaya diri, saya merasa lebih punya peluang untuk berkembang, dan akan selalu muncul hal-hal baru yang bisa saya pelajari dan tekuni di internet ini. Jika kalimat saya diatas yang mengyatakan kehadiran internet telah mengantarkan saya XLangkah Lebih Maju itu saya renungkan maka sungguh tepat sekali, bahkan mungkin lebih dari sekedar XLangkah Lebih Maju karena ada banyak langkah baru yang bisa saya lakukan yang berbasis internet itu.

2. Apa saja yang membuat saya merasa XLangkah Lebih Maju dengan Internet? 

a. Blogging

Blogging saya uraikan pertama mengingat inilah aktivitas favorit saya sejak mengenal internet beberapa waktu lalu. Pada mulanya aktivitas blogging saya mulai dengan menuliskan curhat, cerita pribadi, lalu berkembang menjadi ke arah berbagi wawasan dan teknik blogging hingga seo serta aplikasi-aplikasi coding lainnya, kemudian pada perkembangannya dengan mengikuti trend dan saran para senior saya mulai mencoba apa yang dilakukan para senior internet marketer ataupun pebisnis online hingga saya merambah bisnis online. 

Memang saya belum bisa dikatakan sukses besar dalam hal ini namun paling tidak sudah xlangkah lebih maju dan ada hasil nyata dibandingkan kondisi saya beberapa tahun yang lalu.

b. Web Development

Setelah saya cukup lama menulis blog, tanpa disadari muncul suatu kepercayaan dari beberapa rekan. Saya tidak tahu awalnya dari mana, promosi pun tidak pernah saya lakukan. Lalu, web development mulai saya pelajari dan praktekkan seiring dengan kebutuhan untuk membangun situs dan blog orang lain yang dipercayakan pada saya.

Satu dua situs dan blog berhasil saya susun dan optimalkan, seiring berjalannya waktu pesanan-pesanan datang dan pergi silih berganti dari beberapa rekanan yang meminta bantuan untuk dibangunkan situs web maupun blog. 

Sekali lagi saya merasakan bahwa dengan mengenal dan mempelajari internet saya seolah merasa XLangkah lebih maju dibanding mereka yang tidak mempelajarinya.

3. Internet mampu merubah nasib serta merubah yang tidak mungkin menjadi mungkin

Berbicara tentang internet untuk membuka kesempatan baru bagi siapapun, saya sengaja tuliskan disini karena mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, setelah diatas tadi saya tuliskan beberapa cerita pribadi tentang efektifitas internet untuk komunikasi, saya juga punya beberapa pengalaman yang menurut saya bisa dijadikan inspirasi bagi rekan-rekan. Apa yang saya paparkan disini sebenarnya masih ada kaitannya dengan point A dan B diatas yaitu aktivitas blogging serta web development.

- Gara-gara internet bisa naik jabatan

Gara-gara saya sering menulis blog, saya pernah diminta seorang rekan untuk membuatkan sebuah blog dan situs sekolah, kebetulan rekan saya tersebut adalah seorang guru/pengajar. Dia telah mempercayakan kepada saya untuk membangun situs sekolahnya yang katanya jika itu gagal maka nama baiknya akan rusak, untuk itulah dia meminta agar dibuatkan sebaik mungkin.

Mendapat permintaan itu sayapun berusaha sebaik-baiknya, karena saya tidak tega jika dia mengalami nasib buruk di sekolahnya. Sekitar 10 hari saya bangun situsnya, lalu saya serahkan kepadanya untuk dilaporkan dan dikelola. 

Tanpa saya duga, dengan keberadaan situs sekolah tersebut nama baiknya dan nama baik sekolah tersebut menjadi meningkat, bahkan sekolah tersebut menjadi rujukan beberapa sekolah dari Yogyakarta yang studi banding untuk mengenal lebih jauh sekolah tersebut, karena selama ini mereka baru melihat dokumentasiya melalui internet.

Walhasil, rekan saya yang memegang taggungjawab menjadi admin situs tersebut akhirnya naik jabatan dan sangat di-anak emaskan di sekolah tersebut. Dia berkali-kali menguncapkan terim kasih pada saya dan saya jawab dengan rendah hati bahwa itu sudah merupakan kewajiban kita untuk saling tolong menolong.


- Gara-gara internet bisa naik gaji

Cerita nyata yang kedua ini juga mirip dengan cerita pertama diatas, namun yang membedakan adalah rekan yang meminta bantuan untuk dibuatkan situs pada saya ini bukan naik jabatan, namun dengan keberadaan situs/blognya itu dia dipercaya untuk mengampu mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) selain tetap mengajar mata pelajaran utamanya.

Selidik punya selidik, menurut pengakuannya, dia mendapat kepercayaan lebih tersebut karena dia berhasil memiliki situs yang bagus. Sayapun ikut senang mendapat cerita uniknya itu.

- Gara-gara internet berubah menjadi dosen kebanggan di kampus dan dicintai mahasiswanya

Masih seperti 2 cerita diatas, ada seorang dosen muda yang baru masuk sebuatu institusi, oleh karena ingin membuat terobosan baru pembelajaran online beliau menghubungi saya untuk didesainkan sebuat situs pembelajaran, saya agak bingung juga waktu itu saat mendesain format yang tepat untuk mahasiswanya, namun dengan beberapa kali percobaan dan perubahan akhirnya hasilnya memuaskan. Kini Pak Dosen tersebut mendapat tanggapan manis dari kampusnya dan menjadi rujukan dosen lain yang ingin belajar menggunakan sistem pembelajaran online.

Saya masih sering ditelpon oleh yang bersangkutan untuk sekedar sharing tentang cara mengelola serta mengoptimalkan pembelajarannya.

4. Internet untuk Mengoptimalkan Komunitas Sosial Masyarakat, Pemuda, dan Mahasiswa

Hal lain lagi yang saya rasakan berkat usaha saya mau mengenal internet, yaitu mampu ikut andil dalam komunitas sosial, komunitas pemuda dan sebagainya. Bagi rekan-rekan yang tinggal didaerah perkotaan, mungkin tidak heran jika kalian bisa mengumpulkan orang dalam jumlah banyak melalui media komunikasi online, namun bagaimana jika yang kalian ajak adalah orang-orang atau masyarakat pedesaan yang gaptek, jangankan internet peralatan elektronik-pun sebagian tidak pernah menggunakannya.

Saya tergabung dalam beberapa komunitas sosial, mulai dari komunitas mahasiswa, komunitas pemuda, dan sebagaianya. Pernah suatu ketika saya bersama rekan-rekan punya ide untuk mengadakan semacam bakti sosial untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu di kabupaten saya (Kab. Kebumen-Jateng), semua persiapan sudah saya persiapkan dari Semarang (karena saya kuliah di Semarang). Saya menjaring ide, kritik saran, bahkan rapat via online dengan panitia-panitia lokal di Kebumen. Saat SMS tidak lagi mampu mengambil peran untuk komunikasi masal maka internetlah solusinya.

Social media, chat, video call, dan sebagainya kami maksimalkan untuk persiapan kami, alhasil semua persiapan mulai dari pendanaan, barang-barang, tenaga ahli, dan semuanya bisa siap bahkan tanpa kita ketemu langsung, hanya koordinasi via online. 

Perlu kalian tahu bahwa awalan yang baik yang dulu saya rintis dengan mengadakan service motor gratis berhadiah disambut gembira pihak Pemda, berlanjut hingga saat ini paling tidak sudah 5 kali even serupa yang berhasil kami laksanakan. Even yang kami gelarpun bervariasi, seperti sunatan massal, basar dan pasar murah, penghijauan, hingga seni hiburan serta wayangan berhasil terlaksana berkat ide awal yang baik dan komunikasi yang baik diantara para panitia.

Tanpa bermaksud promosi produk, namun saya katakan saja bahwa komunikasi mobile kami banyak memanfaatkan fasilitas telpon dan sms serta internet murah bahkan gratis dari privider yang punya slogan XLangkah Lebih Maju itu.
XLangkah Lebih Maju
Apa yang saya ceritakan diatas merupakan contoh-contoh nyata tentang peranan internet yang mampu merubah kita menjadi XLangkah Lebih Maju, bahkan bagi saya langkah maju itu tanpa sengaja saya teruskan ke orang lain hingga mereka mendapat manfaat dari internet, 

Jadi bisa saya katakan dengan internet saya bisa XLangkah Lebih Maju bahkan bisa melangkahkan banyak orang untuk memiliki sendiri Langkah mereka yang lebih baik dan lebih maju, bukan cuma untuk mereka sendiri namun juga merambah kepada orang-orang disekitarya.

Sekian.






Ada 10 komentar untuk artikel XLangkah Lebih Maju Karena Internet

suhermanto on Kamis, 17 November 2011 16.31.00 WIB mengatakan...

klo bang wahyu masih newbie trs saya apa, hehehehehe

Anggi Setiana on Kamis, 17 November 2011 20.21.00 WIB mengatakan...

Alexa Rank nya sudah 200 ribuan masih newbie,,
aplagi saya ..

super newbie kali yaa ..

terima kasih kang untuk artikelnya ..
memotivasi..

Xlangkah Lebih Maju on Minggu, 20 November 2011 19.46.00 WIB mengatakan...

newbie tingkat atas mksdnya y om :D

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist on Rabu, 23 November 2011 09.22.00 WIB mengatakan...

Newbie or Wannabe
Salut deh pak :D

ajurna on Jumat, 25 November 2011 12.53.00 WIB mengatakan...

blogger newbie blogwalking ke blogger newbie juga ah. hehehe

XLangKah .... Ilmu Komputer on Jumat, 25 November 2011 17.57.00 WIB mengatakan...

Xl memang Xlangkah lebih Maju

AYoooo intip juga

wahyu winoto on Rabu, 30 November 2011 09.18.00 WIB mengatakan...

Iya kq bneran, saya masih nubie, belum genap 10 tahun sy knal internet, jd masih gaptek, terutama klo lama gak update info dr internet.

Btw, kalian yg punya cerita mnarik ttg internet yg bs bikin kita xlangkah lebih maju ayo tulis aja apa adanya, jgn trlalu kaku, kan gak ada aturan hrs pke bhsa formal...

aanov on Jumat, 02 Desember 2011 14.49.00 WIB mengatakan...

numpang promosi blogya

http://wianva.blogspot.com/2011/11/xlalu-menjadi-yang-xlangkah-lebih-maju.html

makasih... ;-)

cakka on Sabtu, 03 Desember 2011 17.21.00 WIB mengatakan...

pengalaman yang naik jabatan menarik sekali.. hehehe..

Bukik on Minggu, 04 Desember 2011 20.51.00 WIB mengatakan...

Internet memang luar biasa
Bisa sampai bikin naik pangkat segala
Top!


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang