Kunci Sukses Membangun Situs Jual Beli Online




Kunci Sukses Membangun Situs Jual Beli Online

3 Kunci Sukses Membangun Situs Jual Beli Online



Kita-kita pengguna internet di Indonesia tentu tau yang namanya kaskus bukan?


Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 yang dibentuk oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Situs ini saat ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia. Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. 



Cuplikan pengertian kaskus tersebut saya ambil dari wikipedia.org, lantas apa yang bisa kita tangkap dari informasi itu untuk membangun situs atau forum jual beli layaknya kaskus sehingga situs jual beli kamu nantinya bisa mengikuti sukses mereka?

Selidik punya selidik, ternyata kaskus itu dibangun dengan cara simpel lho, paling tidak secara garis besar ada 3 hal utama yang menjadi kunci sukses kaskus hingga bisa merajai bisnis online di Indonesia, khususnya dengan format forum. Apa sajakah itu?


a. Komunitas

Komunitas tentunya merupakan basis kekuatan kaskus. Bahkan kini kaskus identik dengan istilah rajanya situs komunitas di Indonesia dengan slogannya Tha Largest Indonesian Community.

kaskus.us

Dengan bermodal kuatnya jaringan pengguna atau komunitas itulah kaskus tumbuh subur, makin besar dari hari ke hari.


Jadi, bagi kamu yang berencana membangun situs atau forum jual beli, maka langkah awal adalah ciptakan komunitas yang loyal pada situs kamu.


b. E-Commerce

Kalau komunitas saya sebut sebagai basis kekuatan kaskus, maka E-Commerce merupakan bahan bakarnya. Di kaskus E-Commerce diwujudkan dalam forum jual beli (FJB) yang dibuat untuk memenuhi keinginan pengguna, karena seiring berkembangnya pengguna kaskus ternyata sebagian pengguna fanatik kaskus tidak lain adalah penjual dan pembeli online.

Jadi, kalau kamu berencana membangun situs jual beli maka jangan lupakan faktor e-commerce atau forum jual beli antar pengguna ini.

c. Payment System

Payment System merupakan perantara antara penjual dan pembeli yang menjamin setiap jenis transaksi. Dalam hal ini tentunya Kaskus-lah perantaranya, meskipun sekarang ini ada juga beberapa pihak yang mengatasnamakan rekening bersama sebagai perantara transaksi pembayaran dari pembeli ke penjual. 

Seperti kita pahami bahwa kekhawatiran klasik para calon konsumen online yaitu mereka khawatir jika mereka ditipu oleh pihak pembeli, dimana mereka diminta membayar terlebih dahulu lalu kemudian ternyata barangnya tidak dikirim. Disinilah kuatnya kaskus, mereka merancang sistem sedemikian rupa sehingga sistem penjualan menjadi lebih sederhana tanpa mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara fisik untuk melakukan transaksi dengan jaminan keamanan uang pembeli akan dikirimkan ke rekening bersama, setelah barang dia dapatkan barulah uang tersebut akan dikirimkan pihak penjual. 

Dengan cara itu, baik pembeli dan penjual akan merasa lebih nyaman, disatu pihak tidak kawatir akan ditipu, sedang dipihak lain akan benar-benar mengirimkan barang dagangannya dengan baik karena jika tidak maka dia tidak dapat mencairkan uangnya.

Jadi, sekali lagi jika kamu ingin membangun situs jual beli online maka kamu bisa terapkan sistem ini. Sistem yang lebih bisa diterima pihak pembeli dan penjual ini terbukti lebih efektif dibanding sistem pembayaran langsung ke rekening penjual. Sistem perantara pembayaran seperti itu tentunya juga harus bisa menjaga keamanan.

Terakhir, sebelum menutup posting ini, seperti sering disinggung pakar marketing, bahwa kunci sukses pemasaran yang sangat penting adalah kepuasan pengguna. Dengan tingkat kepuasan yang tinggi maka hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan jumlah pengguna secara otomatis, dan dengan makin banyaknya pengguna, otomatis jumlah transaksi serta keuntungan yang ada-pun makin meningkat.


***
Baca juga :  Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik dan jasa pembuatan website sekolah dengan harga murah dan Bisnis Online Daftar Gratis Bonus jutaan rupiah








Ada 4 komentar untuk artikel Kunci Sukses Membangun Situs Jual Beli Online

BikinHoki on Kamis, 01 Desember 2011 12.46.00 WIB mengatakan...

Artikelnya maknyus sob..Ijin corat-soret disini ya.

wahyu winoto on Kamis, 01 Desember 2011 17.25.00 WIB mengatakan...

@ bikinhoki : ok, met corat-coret aja gan...

fahri emje on Jumat, 02 Desember 2011 14.15.00 WIB mengatakan...

manteb gan!!! Niatnya ane jg mw bikn tko online tp blm kesampaian

tionsmg on Selasa, 07 Februari 2012 15.05.00 WIB mengatakan...

ohhhh... begitu caranya , cuman gimana bikin komunitas ya.... http://tionsmg.wordpress.com


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang