• blog wahyu winoto
  • G+ wahyu winoto
  • Instagram wahyu winoto
  • pinterest wahyu winoto
  • fb wahyu winoto
  • twitter wahyu winoto

Antara Komitmen dan Nama Baik (Contoh kasus : Masalah Perubahan Hadiah dalam Kontes SEO Pulauweb.com)




Antara Komitmen dan Nama Baik (Contoh kasus : Masalah Perubahan Hadiah dalam Kontes SEO Pulauweb.com)


Hubungan Komitmen dengan Tingkat Kepercayaan/Nama Baik

Artikel saya kali ini menyambung artikel saya terdahulu tentang "Ciri Kegagalan dan Cara Mengatasinya". Seperti kita semua pahami, bahwa bagi seorang wirausahawan, penerapan komitmen tinggi sangatlah penting karena keberhasilan atau kegagalan wirausaha sangat tergantung pada kamauan dan kemampuan pribadi wirausahawan untuk terus mempertahankan dan menjalankan usahanya dengan baik. Komitmen memegang peranan penting disini.

Istilah komitmen atau commitment berasal dari kata commit, committen (istilah Latin, commitere) yang berarti to bring together. Istilah ini berakar dari kata com yang berarti together, dan mittere yang artinya to send. Istilah komitmen di sini lebih berarti sedang membawa bersama, atau sedang memeteraikan bersama, atau berjanji bersama untuk melakukan sesuatu yang dianggap penting dan merupakan kepentingan bersama.

Antara Komitmen dan Nama Baik (Contoh kasus : Masalah Perubahan Hadiah dalam Kontes SEO Pulauweb.com)

Masih ada kaitannya dengan komitmen, baru-baru ini ada 2 kubu yang saling bersitegang lantaran masalah komitmen ini. Sebenarnya kurang etis saya sampaikan, namun atas rekomendasi beberapa teman akhirnya saya tuliskan saja disini. Masalah itu adalah masalah pemberian hadiah dalam kontes SEO review hosting "Pulauweb Web Hosting Murah Indonesia".

Begini ceritanya:
Dalam perkembangannya, setelah hasil kontes SEO pulauweb.com itu diumumkan, ternyata ada perbedaan dalam hal jenis hadiah yang akan diberikan kepada pemenang. Perbedaan itu terletak pada hadiah yang dijanjikan kepada para pemenang juara ke 4 - 23 (atau juara harapan) dimana sebelumnya dalam pengumuman kontes tersebut disebutkan bahwa untuk para pemenang juara harapan tersebut akan diberikan hadiah berupa:

"20 Domain dan Hosting 1GB Space dan 50GB Bandwidth untuk 20 pemenang selama setahun".

Namun setelah pengumuman ternyata hadiahnya dirubah menjadi: 

"20 Pemenang di atas berhak mendapatkan Hadiah berupa Akun hosting Pulauweb 1GB Space dan 50GB Bandwidth". 

Itulah awal mula perseteruan tersebut. 
Dimana disana terdapat perbedaan, yaitu jika sebelumnya hadiah berupa 20 domain + hosting, kemudian dirubah menjadi 20 hosting (tanpa domain).

Melihat perbedaan tersebut, para pemenang kontes tersebut melakukan protes dengan menyatakan bahwa pihak Pulauweb sebagai penyelenggara telah melanggar janji, melanggar komitmen dan tidak konsisten, bahkan ada sebagian yang menyebut kontes pulauweb adalah tipu-tipu atau scam.

Terkait dengan aksi protes tersebut, pihak pulauweb lantas memberikan klarifikasi melalui email:

Dear juara harapan,

Pertama-tama kami mohon maaf atas kesalahpahaman mengenai Hadiah untuk juara harapan yang baru-baru ini diperdebatkan dan diributkan oleh salah satu pemenang yang tidak terima karena merasa tidak mendapat haknya, jujur memang salah satu panitia kami melakukan kesalahan dalam penginputan data pengumuman lomba kontes SEO pulauweb.

Dari awal pertama lomba di announce hadiah Total adalah sebesar : Rp. 11.400.000
dengan Detail sebagai berikut :

Juara Harapan:
Paket professional 3 1GB = (Rp. 360.000 ) X 20 = Rp. 7.200.000

Juara 1 - Juara 3
Juara I : Hadiah senilai Rp 2.500.000 + Juara II : Hadiah senilai Rp 1.200.000 + Juara III : Hadiah senilai Rp 500.000 = Rp.4.200.000
Rp. 7.200.000 + Rp.4.200.000 = Rp.11.400.000

Dan pada akhir acara sebelum pengumuman dilaksanakan kami baru menemukan kesalahan penulisan oleh salah satu panitia kami bahwa "DOMAIN" diikutsertakan menjadi salah satu hadiah,, Kami bukan tipu menipu atau scamming dan semacamnya.. karena bila kami memang berniat jahat dari awal total hadiah sudah pasti lebih besar dari Rp.11.400.000. oleh sebab itu sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian dari teman-teman para pemenang akan kesalahan ini.


Membaca email tersebut apa kira-kira tanggapan kalian?

Kita mungkin bisa maklum bahwa faktor human eror bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, namun apakah semua orang bisa menerima keputusan yang tidak konsisten itu, keputusan yang merugikannya, atau mungkin melukai hati beberapa peserta yang telah merasa dibohongi..?

Sampai saat tulisan ini saya buat, belum ada kata damai diantara kedua kubu tersebut. Pihak Pulauweb tetap bersikukuh tidak mau memberikan hadiah (domain) kepada para pemenang juara harapan. Dilain pihak, para juara harapan yang notabene adalah para blogger ahli SEO terus melakukan protes bahkan ancaman. Mereka mengancam akan menyebarkan isu atau berita jelek tentang keburukan pulauweb.com.

Dan anehnya, ancaman para blogger tersebut direspon oleh pihak Pulauweb dengan cara yang berbeda. Bukannya dengan memberikan hadiah domain sesuai tuntutan para juara harapan, namun mereka malah memberikan hadiah (hosting) kepada seluruh peserta kontes (yang tidak menang) dengan membuat pengumuman bahwa YANG TIDAK MENANG TETAP DAPAT HADIAH (Lihat http://blog.pulauweb.com/?p=145).

Saya tidak tau ego apa yang mereka semua pertahankan.
Apakah pulauweb benar-benar tidak peduli lagi dengan nama baiknya? 
Atau apa baiknya bagi para blogger (para juara harapan tersebut) jika mereka terus merasa tidak puas dengan keputusan tersebut?


***
Tanggapan pribadi saya:
- Secara pribadi jujur saja saya merasa maklum akan kekhilafan pulauweb.
- Meski bisa memaklumi namun saya kurang suka dengan tanggapan pulauweb yang kesannya meremehkan masalah ini, lalu pada email konfirmasi mereka katakan "Pertama-tama kami mohon maaf atas kesalahpahaman mengenai Hadiah untuk juara harapan yang baru-baru ini diperdebatkan dan diributkan...", dan seterusnya. Kata diributkan itu tidak enak dibaca kan, kenapa mereka tidak menggunakan istilah yang lebih santun saja, padahal posisi mereka dalam email itu sedang minta maaf atas kekhilafan.

Terakhir, menutup tulisan Antara Komitmen dan Nama Baik (Contoh kasus : Masalah Perubahan Hadiah dalam Kontes SEO Pulauweb.com) ini, saya ingin mengajak kepada semuanya saja, marilah kita selalu berusaha untuk menjadi pribadi-pribadi yang konsisten terhadap apa yang kita janjikan. Kemudian kita juga harus selalu berhati-hati dalam bertindak, terkadang kesalahan yang tidak disengaja bisa merusak nama baik kita.  Dan yang terakhir, marilah kita senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi-pribadi yang ikhlas.




''Bill Cosby : ''That’s it, it will be a big failure if we try to make everyone happy''.


***






Ada 10 komentar untuk artikel Antara Komitmen dan Nama Baik (Contoh kasus : Masalah Perubahan Hadiah dalam Kontes SEO Pulauweb.com)

Admeen on Jumat, 25 November 2011 09.41.00 WIB mengatakan...

Hmm,
Kalau dilihat2, hadiah 20 domain itu cukup menguras dana, apalagi kalau panitia tidak ada anggaran tertentu utk itu, lain halnya kalau cuma hadiah hosting doang, karena terkadang perusahaan hosting menyewa hosting dgn space besar dan banyak nganggurnya, jadi menghabiskan space hosting sepertinya tidak terlalu membengkakkan dana.

Anyway, saya sndiri tidak ikut dalam lomba ini, tapi dalam hemat saya, tidak usah lah permasalahan ini diperpanjang, lagian pulauweb juga masih sudi memberi hadiah (daripada tidak sama sekali).

Just my opinion.
__________________
Admeen@faceblog

Luckyjo on Jumat, 25 November 2011 10.02.00 WIB mengatakan...

Artikel yg bagus Mas. Salut untuk tulisannya. Paling tidak ini menjadi "titik" yg harus diwaspadai oleh pencari hosting agar tdk salah memilih hosting provider lokal yg kredibel.

haris on Jumat, 25 November 2011 10.49.00 WIB mengatakan...

wah parah nih yang bikin artikel, masih untung dapat hadiah... tau diri sedikit dong mas... jadi orang itu tau diuntung, saya juga ikut tapi tidak menang jadi jaura atau jaura harapan,, tapi tetap tuh saya dapat 100MB selama setahun.. pikir2 dulu sebelum bertindak.

si rudi on Jumat, 25 November 2011 10.54.00 WIB mengatakan...

ah saya gak ikut-ikutan ah.. pikir positif aja kalo emang mereka kasih hadiah utk semuanya.. malah asyik saya sih wakakakakak/....

www.wahyu-winoto.com on Jumat, 25 November 2011 18.08.00 WIB mengatakan...

@ faceblog : saya setuju dengan closing statemennya mas, dan itulah yang saya lakukan.

@ luckyjo : ini lebih tepatnya hanya mengabarkan apa yang terjadi saja, bukankah mas luckyjo tau sendiri bahwa apa yang saya tuliskan sdh jauh lbh halus dari perdebatan yang terjadi dalam email2 itu. Beberapa rekan juga sudah menulis tanggapan melalui email yg menyatakan bahwa akan ada pro kontra dari peserta lain misal dari smua peserta yg semuanya itu dikasih gratis hosting.

@ haris : yang tdk terlibat langsung dalam persoalan ini mudah saja ngomong begitu, disini saya berusaha menulis seobyektif mungkin,tidak memihak, dan jauh lebih halus daripada email2 protes serta tanggapan peserta ke admin pulauweb.

@ si rudi : ok, itu lebih bagus. saya juga mengapresiasi apa yg dilakukan pulauweb dg memberikan hadiah ke semua peserta, itu menunjukkan kebaikan mereka sebagai penyelenggara.

furniture-jati on Jumat, 25 November 2011 19.33.00 WIB mengatakan...

makasai atas info nya bos,,,

Anonim mengatakan...

wahh ,, wahh ,, sampai segitunya yaa .. Mau bangkrut mungkin tuh,, sampai-sampai tidak bisa memenuhi janjinya .. Masuk dalam daftar web hosting murahan ..

www.wahyu-winoto.com on Sabtu, 26 November 2011 09.32.00 WIB mengatakan...

@ furnitur jati : sama-sama.
ini sebagai wawasan aja agar besok-besok tidak dialami oleh orang/pihak lain lagi.

@ anonim: saya tidak menyatakan spt itu, malah saya doakan smoga mereka segera berkembang lebih baik lagi agar makin banyak hadiah yg bisa diberikan pd kontes2 selanjutnya.

Yang ketipu on Minggu, 27 November 2011 20.29.00 WIB mengatakan...

Waktu untuk pulauweb sudah selesai,saatnya optimasi penghancuran nama baik untuk pulauweb hosting murahan sedunia

GT Radial on Rabu, 30 November 2011 09.38.00 WIB mengatakan...

Wah, Master akhirnya nulis juga, BTW hadiahnya udah pada diambil belum. Semoga admin pulauweb mau muhasabah atas kejadian MENABRAK peserta pulauweb TANPA SENGAJA, yang tidak diganti dengan keridhoan dari peserta, EHHH yang tidak diTABRAK malah dapet ganti rugi dengan hadiah Hosting 100 MB, benar2 tidak adil.

Mas wahyu yang punya komentar di bukunya BONG CHANDRA YA?? ternyata punya bimbel juga ya mas, sukses dg bimbelnya!!

admin :: dadan.web.id


Posting Komentar


 

garis hijau panjang