Bisnis Fashion/Pakaian dari Blog dan Facebook




Bisnis Fashion/Pakaian dari Blog dan Facebook


Bisnis Fashion/Pakaian dari Blog dan Facebook


Blog merupakan sarana yang tepat untuk menyalurkan kreativitas setiap individu dengan kelebihannya masing-masing, ada yang menuliskan tentang tips trik blogging, tips trik seo, tips trik adsense, tips trik otomotif mobil dan motor, tips trik bisnis online, dan ada juga tentang cerita dan curhat, juga tentang investasi properti serta fashion. 

Koleksi fashion terbaru 2012
Bahasan saya kali ini adalah tentang fashion, karena kebetulan saya ada rencana untuk hunting produk fashion terbaru dalam waktu dekat ini.

Ok, lanjut lagi, blog yang membahas tentang fashion atau sering disebut fashion blog di Indonesia makin hari makin banyak saja. Bahkan dalam perkembangannya fashion blog tersebut banyak yang berkembang menjadi sebuah bisnis fashion, jual beli baju/pakaian, dan sejenisnya.

Seiring berkembangnya jaman, dunia maya makin menjadi hal yang biasa dan dipercaya sebagai teman santai, teman menghabiskan waktu luang dan sebagainya bagi sebagian orang. Perkembangan itu sudah selayaknya kita baca sebagai suatu peluang yang bisa dirubah menjadi lahan bisnis. Nah, terkait dengan bahasan awal kita tentang fashion maka kali ini saya coba berikan tips untuk memulai bisnis fashion melalui blog dan jejaring sosial facebook.


a. Blog untuk bisnis jual beli pakaian/fashion


- Branding nama blog


Untuk mulai menekuni bisnis fashion dari blog, mulailah dengan membuat brand tersendiri dalam blogmu. Brand itu bisa dimulai dengan memilih nama domain yang mengandung kata kunci fashion, lalu judul dan tag line blog juga harus kamu buat agar mengacu pada fashion.

- Tentukan target pembaca

Target pasar produk fashion biasanya adalah anak muda, untuk itu buat artikel-artikel blog anda yang sekiranya banyak dicari oleh anak-anak muda pecinta mode atau fashion. Harapannya saat mereka masuk ke blog kamu dari membaca artikel maka dia secara tidak langsung akan melihat koleksi barang dagangan kamu. Dengan begitu besar kemungkinan dia akan melihat-lihat koleksi barang serta akan membelinya.

- Berikan tips trik fashion

Masih terkait dengan point diatas tentang artikel di blog kamu, untuk makin meyakinkan para pengunjung (calon pembeli) maka kamu juga harus terkesan profesional dalam hal fashion, buat tips trik fashion, buat juga berita trend fashion secara berkala, dan sebagainya.

- Buka komunikasi dengan pengunjung

Pengunjung blog bisnis kamu adalah ibarat "harta karun" bagi bisnis fashion kamu. Mereka akan terus mengikuti trend fashion dan kamulah yang harus menyediakannya. Dengan membuka komunikasi dengan pengunjung maka kamu akan memiliki nilai trust/kepercayaan yang tinggi dimata pengunjung, mereka akan lebih yakin untuk membeli barang dari blog anda. 

Kemudian, dari pertanyaan serta masukan pengunjung itu juga bisa dijadikan arah pengembangan koleksi maupun ide fashion yang kamu rancang atau sediakan. Ide desain produk justru kadang bisa berasal dari masukan pelanggan.

- Promosikan Blog

Promosi adalah salah satu kunci penting dalam bisnis online, agar blog fashion kamu mendapat banyak pengunjung yang akan kamu ubah menjadi calon konsumen/pelanggan maka langkah tepat dalam berpromosi harus kamu lakukan.

Media promosi ada banyak, namun sebagai awalan saya sarankan gunakan dulu promosi blog secara natural melalui teknik SEO blog untuk menjaring pengunjung dari mesin pencari (Google). Setelah langkah awal itu kamu lakukan kembangkan ke arah promosi online dengan media jejaring sosial, dan lebih jauh melalui periklanan premium.


b. Manfaatkan Jejaring Sosial untuk Kembangkan Bisnis Online Fashion


Mungkin Anda tidak percaya pada halaman profile Facebook Anda sebenarnya Anda bisa memajang dan menjual barang-barang yang kemungkinan besar banyak dicari pembaca Anda. Bagaimana memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan produk atau jasa anda di Facebook ?

- Pertama yang perlu Anda lakukan pastinya adalah membuat profil
Anda mungkin ingin untuk melengkapi halaman profil anda secara maksimal dengan berbagai informasi penting agar orang tahu siapa anda sebenarnya dan seperti apa aktifitas anda. Anda bisa mencantumkan Hobby atau kegiatan sehari-hari yang menunjukkan anda adalah seorang pebisnis, bahkan anda bisa juga mencantumkan situs/web atau blog anda disana. Sehingga dari sana orang bisa langsung melihat hasil karya anda. Usahakan kamu memiliki banyak teman agar target pasar makin banyak.

- Kedua, buat video dan gambar menarik
Anda mungkin bisa berbagi video atau gambar banner ke jaringan teman anda di Facebook. Hal ini akan membantu dalam mempromosikan bisnis Anda dan Anda akan memiliki banyak pengunjung yang ditargetkan yang pada akhirnya akan melihat seperti apa produk atau jasa yang Anda tawarkan.


- Ketiga, memposting artikel melalui Note
Artikel dalam note facebook juga merupakan cara yang asyik untuk mendapatkan perhatian orang di Facebook. Ini akan menghasilkan lalu lintas yang ditargetkan. Sebagai contoh, jika Anda menjual Baju, anda bisa membuat sebuah tulisan singkat melalui fasilitas Note yang didalamnya anda sertakan beberapa gambar produk anda. Ini akan menghasilkan lalu lintas bertarget yang kemungkinan besar akan tertarik pada apa yang Anda pemasaran.

- Keempat, memanfaatkan blog bisnis fashion (yang sudah saya bahasa pada poin a diatas), Cara ini merupakan kombinasi dari blog untuk bisnis fashion dan pemanfaatan jejaring sosial untuk bisnis online, yaitu dengan sering-sering melink-kan (membuat tautan) dari artikel blog kamu ke halaman facebook. 

Link yang kamu share sudah barang tentu jika di klik akan mengarah ke blog kamu, sehingga makin banyak pengunjung blog kamu dan makin besar kemungkinan untuk mendapat calon konsumen.

Demikian sedikit tips dari saya, percayalah bahwa bisnis fashion di internet akan terus berkembang, jangan takut tidak laku. Industri fashion tidaklah akan pernah punah oleh perubahan apa pun, karena tiap orang butuh fashion, tapi industri fashion selalu membutuhkan inovasi dan imajinasi tanpa batas untuk menghadirkan karya-karya fashion dengan mode dan tren terbaru, yang mampu menjawab kebutuhan dan kepuasan para konsumen.

Bisnis fashion sangat sensitif terhadap kualitas, mode, harga, tren, dan gaya hidup yang selalu berubah bersama berubahnya kebutuhan, daya beli, dan selera konsumen. Oleh karena itu, dibutuhkan integritas total dari setiap orang di industri fashion untuk bersikap prokreatif dalam memahami dan melayani semua kebutuhan pasar dengan sempurna.







Ada 2 komentar untuk artikel Bisnis Fashion/Pakaian dari Blog dan Facebook

furniture-jati on Jumat, 25 November 2011 19.37.00 WIB mengatakan...

informasi yang mendukug sekali,,,
makasiii,,

garden on Selasa, 29 November 2011 19.26.00 WIB mengatakan...

nice stuff


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang