• G+ Wahyu Winoto
  • Pinterest Wahyu Winoto
  • Tumblr Wahyu Winoto
  • Twitter Wahyu Winoto
  • Facebook Wahyu Winoto
  • Instagram Wahyu Winoto
  • Whatsapp Wahyu Winoto



Analisa Perbedaan Page Rank Antar Halaman Blog



Sejak kemarin saya merasakan ada penurunan pada jumlah visitor blog saya ini, gak tau kenapa tapi jujur aja hal itu cukup mengganggu. Tapi ya sudahlah mungkin memang itulah salah satu cobaan bagi blogger  seperti saya ;-)

Mengawali pagi yang cerah ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman buat kamu para blogger indonesia pecinta kontes seo, apa yang saya sampaikan ini semoga bisa menjadi referensi buat kalian.

Pagi ini saya sengaja ngecek beberapa judul artikel saya di Google, kemudian saya juga mengukur/mengecek Page Rank masing-masing halaman artikel tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut :

Pertama saya buka situs pengecek page rank kepercayaan saya yaitu www.prchecker.info

Kemudian saya masukkan URL artikel yang ingin saya cek, dalam hal ini saya gunakan URL artikel saya yang berjudul "Peluang bisnis online tanpa ribet", kemudian klik Check PR.

Check PR
 Beberapa saat kemudian, muncullah hasil pengecekan Page Rank halaman blog saya tersebut.

Hasil pengecekan Page Rank pada sebuah halaman
Dari hasil pengecekan PR tersebut, ternyata halaman posting saya yang berjudul "Peluang bisnis online tanpa ribet" itu memiliki PR 2.

Kemudian...
Saya lakukan pengecekan lagi untuk URL artikel saya yang berjudul "iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia". Ternyata dia memiliki Page Rank 3.

Artikel dengan PR 3

Saya juga melakukan pengecekan untuk artikel "Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah", dan sama dengan sebelumnya dia juga memiliki Page Rank 3.

Hasil cek Page Rank



a. Dalam sebuah blog ternyata masing-masing halaman bisa memiliki Page Rank yang berbeda-beda, bahkan berbeda pula dengan Page Rank halaman utama blog saya tersebut (www.wahyu-winoto.com).

b. Nilai Page Rank yang tinggi ternyata tidak selamanya berbanding lurus dengan posisi SERP Google, hal itu terlihat dari contoh artikel saya diatas yang berjudul "iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia" dengan PR 3, ternyata posisinya di hasil Pencarian Google itu lebih rendah dibanding dengan artikel "Peluang bisnis online tanpa ribet" yang hanya ber-PR-2.

Khusus untuk kesimpulan yang ke-2 tersebut penjelasan yang paling mungkin untuk menjelaskan fenomena tersebut kemungkinan besar adalah faktor Jumlah Backlink untuk artikel tersebut, karena seperti kita tahu bahwa artikel tersebut adalah artikel kontes SEO yang memiliki banyak pesaing dengan judul yang sama yang sudah barang tentu dioptimalkan oleh pemiliknya dengan meningkatkan kualitas artikel, jumlah backlink, meta tag, dll yang kesemuanya itu mereka tujukan agar artikel mereka memenangkan kontes SEO yang sedang diikutinya tersebut. Maka wajarlah jika perbandingan yang saya lakukan antara ke-2 artikel tersebut menghasilkan hasil yang berbeda, karena hal itu dipengaruhi oleh faktor eksternal (yaitu kontestan lain dalam kontes tersebut).

c. Kemudian, selain fenomena-fenomena tersebut, ada satu lagi hal yang membuat saya tidak habis pikir, yaitu pada artikel saya yang berjudul "Tablet Android Honeycomb Terbaik Murah", dimana menurut pengecekan yang saya lakukan katanya halaman tersebut memiliki PR 3, namun pada kenyataannya ternyata artikel saya tersebut tidak muncul sama sekali pada halaman pencarian Google, jangankan muncul dihalaman pertama, saya cek sampai halaman puluhan-pun tetap saja dia tidak muncul.

Fenomena tidak munculnya artikel saya tersebut konon katanya sering disebut dengan istilah Google Sandbox Effect atau dihilangkan sementara dari hasil pencarian Google dengan alasan dicurigai sebagai bad content.

Sementara 3 hal itu dulu yang saya sampaikan, tunggu saja analisa-analisa lain yang saya lakukan pada blog agar bisa menjadi bahan referensi kita bersama.

Terakhir, kepada rekan-rekan para blogger indonesia saya harapakan masukan dan diskusinya terkait dengan Perbedaan Page Rank Antar Halaman Blog serta hasil SERP dan kualitas SEO pada blog, tujuannya agar bisa menjadi pembelajaran bagi saya dan pembaca semua.

Salam sukses !!!



Silahkan share artikel

kepada saudara maupun sahabat yang membutuhkan.
Terima kasih.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.

wahyu-winoto.com www.wahyu-winoto.com gambar hiasan wahyu-winoto.com




Wahyu W - Bloger Indonesia


© 2010 - 2017 || Blog hosted by Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP