header wahyu winoto blog

Persiapan Mudik Lebaran



Beberapa hari lagi hari raya Idul Fitri tiba. Salah satu tradisi di Indonesia  adalah mudik atau pulang kampung. Menurut data Kementerian Perhubungan, diperkirakan tahun ini 1,3 juta mobil dan 3,6 juta sepeda motor dijadikan alat transportasi mudik.


Bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, persiapkan dengan baik mobil atau motor Anda sebelum melakukan perjalanan jauh. 
Berikut beberapa langkah persiapan sebelum mudik yang harus dilakukan dengan Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia :

1. Beberapa minggu sebelum lebaran merupakan waktu yang tepat untuk membawa mobil atau motor Anda ke bengkel. Usahakan ke bengkel resmi atau bengkel independen yang sudah Anda kenal seperti halnya perawatan berkala. Jika Anda tidak sempat menggiring mobil ke bengkel, pemeriksaan bisa dilakukan sendiri secara visual. Buka kap mesin periksa seluruh bagian, apakah ada kebocoran, kondisi lampu, ketinggian minyak rem dan air serta ketegangan van belt. Selanjutnya periksa kondisi empat roda, dilanjutkan ke bagian kemudi dengan memeriksa fungsi kontrol lampu, lampu hazard, fungsi pedal-pedal dan wiper. Jika ditemukan permasalahan disarankan untuk dibawa ke bengkel.
2.  Sebelum berangkat periksa kelengkapan surat-surat seperti STNK serta SIM. Usahakan buku servis selalu ada di dalam mobil atau motor. Dan yang terpenting lainnya adalah bawalah peta mudik terkini.
3. Usahakan membawa spare parts cadangan seperti sekring dan lampu. Persiapkan segitiga pengaman, tool kits, dongkrak, kunci roda, lampu senter serta kotak P3K. Jangan lupa juga lakukan pengecekan kondisi ban cadangan serta membawa pengukur tekanan angin.
4. Saat menempuh perjalanan jauh yang membutuhkan konsentrasi dan ketahanan, kondisi tubuh menjadi hal yang sangat vital. Pastikan bahwa sebelum mudik Anda dan keluarga dalam keadaan sehat dan bugar. Bila perlu, Anda dan keluarga bisa memeriksakan kesehatan ke dokter lebih dulu sebelum berangkat. Siapkan obat-obat yang sifatnya umum seperti obat sakit kepala, flu  dan perut kembung.


Semoga tips mudik lebaran tersebut dapat bermanfaat buat anda. 
Selamat Mudik Lebaran, Semoga Aman dan Selamat Sampai Tujuan !!!




Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP