Cara Menghafal Al-Quran dan Tadarus di Bulan Ramadhan




Cara Menghafal Al-Quran dan Tadarus di Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan seperti sekarang ini terasa sungguh menggembirakan hati saya. Meskipun saya belum juga memiliki Mobil Keluarga Terbaik Di Indonesia, namun kegembiraan berpuasa hingga hari raya idul fitri jauh lebih besar dari itu. Saya yang memang tinggal di daerah pedesaan (tepatnya di desa babadsari, kecamatan kutowinangun, kabupaten kebumen, Jawa Tengah) hingga saat ini masih menyaksikan kemeriahan Ramadhan di masjid-masjid, surau, maupun langgar yang ada disekitar saya. Hal itu akan sangat lain ceritanya bagi teman2 pembaca yang rata-rata dari daerah perkotaan, dimana dikota iklim budaya Islaminya sudah agak menipis berganti dengan budaya jalan-jalan, maupun hiburan-hiburan lainnya.

a. Tadarus Al-Quran

Khusus dalam bulan Ramadhan, bayak majelis taklim, masjid, dan musholla yang punya tradisi "tadarus alquran". Tadarus Al-Quran yang saya amati selama ini terdiri atas 3 model, yang pertama : para jama'ah membaca Al-Quran bersama2, lalu yang kedua para jama'ah membaca Al-Quran satu-satu sementara yang lain menyimak bacaanya, dan yang ketiga adalah tadarus dengan menyimak hafalan Al-Quran, dimana jama'ah cuma menyimak apa yang dilantunkan oleh Hafidz/Hafidhah (orang yang hafal Al-Qur'an).

Dari ketiga tipe yang saya amati tersebut, saya dan rekan-rekan remaja masjid paling sering melakukan yang nomer 1 dan 2, sedangkan yang nomer 3 baru saya lihat terjadi di daerah lain yang memiliki beberapa penghafal Al-Quran. 

b. Para Penghafal Al-Quran

Sengaja saya menulis blog terkait dengan tadarus al-quran ini karena beberapa hari ini saya sedang melakukan sedikit pengamatan tentang tadarus yang dilakukan oleh para Hafidz/Hafidhah atau orang-orang yang hafal Al-Quran. Pertama, saya kagum dengan kemampuan mereka. Kemudian, saya makin kagum karena meskipun mereka menghabiskan banyak waktu untuk menghafal Al-Quran namun daya kreatifitas mereka dalam bidang-bidang lain tidak kalah dengan orang yang tidak menghafal Al-Quran. Padahal menurut teori, pekerjaan menghafal bisa membuat daya kreatifitas melemah, namun yang saya lihat disini tidak begitu.

Atas dasar kekaguman tersebut sayapun mencari tau bagaimana metode, atau cara, atau panduan untuk menghafal Al-Quran yang baik.

Dari beberapa tanya jawab yang saya lakukan, para penghafal Al-Quran tersebut semuanya mendapatkan ilmu menghafal Al-Qur'an dari pondok pesantrean khusus yang mengajarkan tentang hafalan Al-Qur'an.

Mungkin memang begitulah metode terbaik untuk menghafal Al-Quran yaitu dengan berguru langsung pada Kyai yang memiliki Pondok Pesantren khusus untuk menghafal Al-Quran. Dan konon katanya waktu yang diperlukan dari awal sampai akhir bisa dikatakan lulus ujian hafal Al-Quran itu rata-rata 2 tahun. Itu waktu yang tidak sebentar bukan...


c. Panduan Cara Menghafal Al-Quran

Selain dengan cara "mondok di pesantren" seperti itu, mereka juga merekomendasikan beberapa teori dari buku-buku yang mengajarkan cara-cara menghafal Al-Quran. Salah satunya adalah buku Panduan Menghafal Al-Quran. Dalam buku Panduan Menghafal Al Quran ini dikemukakan cara termudah untuk menghafalkan AlQuran. Keistimewaan teori ini adalah kuatnya hafalan yang akan diperoleh seseorang disertai cepatnya waktu yang ditempuh untuk mengkhatamkan Al Quran. Teori ini sangat mudah untuk di praktekan dan insya Allah akan sangat membantu bagi siapa saja yang ingin menghafalkan Al Quran.

Tip-tips cara menghafal Al Quran yang diuraikan dalam buku ini:
  • Bagaimana cara termudah untuk menghafalkan al quran.
  • Bagaimana cara menambah hafalan AlQuran pada hari berikutanya.
  • Bagaimana cara menggabung antara mengulang (muraja’ah) dan menambah hafalan baru.
  • Bagaimana cara mengulang Al-Quran (30 Juz) setelag menyelesaikan murajaah di atas.
  • Apa yang dilakukan setelah menghafal Al Qur’an selama satu tahun.
  • Bagaimana cara membedakan antara bacaan yang mutasyabih (mirip) dalam Al Quran.
  • Kaidah dan ketentuan dalam menghafal AlQuran.
Kepada rekan-rekan pembaca jika memang ingin memiliki Panduan Menghafal Al-Quran silahkan download buku panduan cara menghafal Al-Quran dibawah ini:

Download Panduan Menghafal Al-Quran

Menurut analisa saya, buku Panduan Menghafal Al-Quran tersebut memang benar-benar luar biasa, bahkan bagi saya yang tidak berencana menghafalkan Al-Quran sekarang ini dengan membaca panduan tersebut dapat menemukan berbagai hal positif untuk meningkatkan metode belajar saya secara umum, bukan hanya yang berkaitan dengan cara menghafal saja, namun pada cara-cara dan pola pikir juga akan ada manfaat yang dapat kita rasakan jika mempelajarinya. 

Semoga bermanfaat.


*** 








Ada 0 komentar untuk artikel Cara Menghafal Al-Quran dan Tadarus di Bulan Ramadhan


Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 


garis hitam panjang
garis hitam panjang