Analisa SEO Blog Dengan Blekko.com




Analisa SEO Blog Dengan Blekko.com



Analisa SEO Blog Dengan Blekko.com

Search Engine Optimization atau lebih popular di sebut SEO mungkin takan pernah berhenti, dan anehnya sekarang ini yang lebih populer adalah SEGO atau Search Engine Google Optimization, karena dari sekian banyak blog yang membahas tentang SEO maka mereka rata-rata menulis berbagai trik SEO tentang bagaimana web/blog kita muncul di peringkat terbaik di Google (tidak di Yahoo, Bing, Ask atau lainnya), padahal Search Engine bukan saja hanya Google bukan?

Nah, terlepas dari semua itu kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang search engine lain yaitu BLEKKO serta beberapa nilai plus blekko dibanding search engine lain dari sisi kemampuan analisa SEO untuk situs/blog kita.

a. Tentang blekko.com

Blekko diluncurkan untuk publik pada tanggal 1 November 2010 menggunakan slashtags sebagai acuan dalam proses pencarian untuk memberikan hasil untuk pencarian. Perusahaan Blekko didirikan oleh Rich Skrenta, yang pada tahun 2007 telah menciptakan Newhoo, akhirnya diakuisisi oleh Netscape dan diganti menjadi Open Directory Project. Blekko telah mendapatkan suntikan dana $ 24.000.000 dalam modal ventura dari individu seperti pendiri Netscape Marc Andreessen dan Ron Conway, serta dari US Venture Partners dan CMEA Capital. 

Pada tanggal peluncurannya Blekko bekerjasama 8.000 perusahaan editor telah mengembangkan 3.000 slashtags yang sesuai untuk mencari situs yang paling sering diakses. Perusahaan ini berharap untuk menggunakan editor untuk mengembangkan daftar yang disusun dari 50 situs yang paling sesuai target 100.000 yang paling sering dicari , alat tambahan dibangun ke Blekko memungkinkan pengguna untuk melihat alamat IP website yang sedang berjalan dan terdaftar serta dilengkapi label situs spam.

b. Daftarkan Situs/Blog ke Blekko.com


Setelah kita sedikit mengetahui tentang sejarah asal mula pendirian blekko, kali ini saya sedikit memperkenalkan kemampuan yang dimiliki blekko terkait dengan keampuhannya untuk digunakan sebagai media analisis SEO blog kita.

Sebelum melangkah ke analisis SEO, saya sarankan kamu untuk mendaftarkan dulu blog kamu di blekko, silahkan kunjungi https://blekko.com/join dan lakukan registrasi.

Setelah melengkapi proses registrasi, lanjutkan dengan membuat Slashtag untuk situs/blog kamu.

blekko.com

Manfaat kita mendaftarkan situs/blog ke blekko adalah agar proses crawling isi situs/blog kita makin sempurna, sehingga analisa blekko terhadap situs/blog kita nantinya bisa makin tepat.


Setelah kita membuat Slashtag di blekko, maka kita bisa mulai mencoba melihat analisa SEO dari situs/blog kita di blekko. 

- Pertama, silahkan buka dulu http://blekko.com dan masukkan URL situs/blog kamu pada kolom pencarian mereka.

blekko.com

- Hasil dari proses pencarian biasanya akan menghasilkan beberapa alamat situs/blog, nah kita pilih saja hasil alamat situs/blog kita

Hasil pencarian blekko.com

- (Lihat gambar diatas)
Kurang lebih hasil pencarian situs/blog kamu juga akan begitu, nah coba kamu klik pada hasil pencarian yang kedua (biasanya formatnya www.situskamu.com SEO data | blekko.com)

Setelah kamu klik nanti akan ditampilkan data statistik SEO blog kamu, silahkan kamu cermati.

Statistik situs/blog

- Hasil pengamatan kamu itulah yang dapat kamu gunakan untuk melanjutkan strategi apa yang tepat untuk makin meningkatkan kualitas SEO blog kamu.

d. Tool Tambahan


Selain statistik SEO seperti sudah saya contohkan diatas, blekko juga memiliki beberapa SEO Tools yang sangat bagus untuk kamu gunakan dalam analisa kekuatan/kelemahan SEO blog kamu. (lihat gambar berikut).
Tools SEO analys dari blekko
Saat menggunakan Tool SEO dari blekko, kamu bisa mulai dari melihat duplicate content, inbound links, dan site pages untuk mengamati apa kira-kira yang kurang maksimal dari SEO blog kamu, dari hasil pengamatan analisa tersebut maka kamu bisa gunakan pengetahuan tersebut untuk memperbaiki kelemahan situs/blog kamu agar makin SEO friendly.

Semoga bermanfaat.


*** 








Ada 2 komentar untuk artikel Analisa SEO Blog Dengan Blekko.com

Rina As on Kamis, 08 September 2011 05.31.00 WIB mengatakan...

Menarik sekali, trims untuk infonya...

idherbal on Jumat, 13 Juli 2012 20.03.00 WIB mengatakan...

Wah mantaps nih tutorialnya, saya coba ke TKP


Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 


garis hitam panjang
garis hitam panjang