Contoh Membuat Animasi Menggunakan MS Paint dan A Photoshop




Contoh Membuat Animasi Menggunakan MS Paint dan A Photoshop


Kamu semua pasti sudah tau kan apa itu animasi?
Pada situs web animasi biasanya berformat GIF yang digunakan untuk mempercantik tampilan atau untuk media promosi yang interaktif. Menurut bentuknya animasi pada situs/web biasanya berupa banner, header, dan sejenisnya.

Lalu, bagaimana cara membuat animasi untuk menghiasi situs/blog kamu?

Kali ini saya coba beberkan 2 trik sederhana untuk membuat animasi gambar bergerak maupun tulisan bergerak, yang pertama dengan menggunakan program bawaan MS Windows yaitu MS Paint, dan yang kedua menggunakan program Adobe Photoshop.

a. Membuat animasi menggunakan MS Paint

Cara membuat animasi dengan menggunakan program Paint di Windows sebenarnya sangat mudah, disini cuma dituntut sedikit kreatifitas mengutak-atik gambar.

Langsung saja, simak contoh video cara membuat animasi di MS Paint



Bagaimana, mudah bukan membuat animasi dengan MS Paint...

b. Membuat animasi dengan program A. Photoshop

Coba kamu ikuti langkah-langkah cara membuat banner animasi dengan Photoshop berikut ini:
  1. Gambarlah di atas kertas ide-ide  untuk banner kamu. Tentukan warna dan gambar apa yang kamu ingin buat. Pilih  teks dan putuskan  bagian apa dari banner yang  ingin dijadikan animasi, seperti teks bergulir atau gambar.
  2. Buka gambar yang ingin kamu gunakan ke komputer dengan mentransfernya dari sumber digital atau dengan memindai.
  3. Buka Photoshop. Pilih "File" dan klik "New." Pada kotak dialog yang muncul, buat ukuran dokumen apa yang kamu inginkan untuk banner kamu. Ada beberapa standar ukuran, tetapi yang paling sering digunakan adalah 468x60. Namai file "banner 1" atau apa pun yang Anda sukai dan klik "OK."
  4. Pilih tool "Paint Bucket"  dan gunakan untuk mengisi latar belakang dengan pilihan warna kamu.
  5. Pilih "File" dan klik "Open." Pada kotak dialog yang muncul, browse ke salah satu gambar dan membukanya. Klik kanan pada layer dan pilih "Duplicate." Pada dialog yang muncul, pilih  dokumen "banner 1"  sebagai tujuan. Ulangi langkah ini untuk membawa semua gambar yang Anda inginkan dalam banner tersebut.
  6. Pilih  tool "Text"  dari toolbar. Pilih gaya font, ukuran dan warna dan jenis teks yang ingin Anda gunakan.
  7. Pilih "Windows" dari menu dan klik "Animation." timeline akan muncul di bagian bawah dengan sebuah single frame. Klik pada ikon "Duplicate" di bawah timeline untuk membuat dua frame.
  8. Pilih frame pertama. Pilih layer yang berisikan hal yang Anda ingin menghidupkan-teks atau gambar-dan menggunakan "Move"  ke tempat itu di mana Anda inginkan di awal animasi. Sekarang pilih frame kedua dan memindahkan objek di mana Anda inginkan pada akhir animasi.
  9. Klik pada ikon "Tweening" di bawah timeline dan pilih jumlah frame yang ingin Anda tambahkan antara dua frame yang Anda miliki.
  10. Pilih "File" dan klik "Save for Web atau Devices." Pada dialog yang muncul, membuat jenis file GIF dan mengatur "Duration" untuk frame. Klik "Save," namai file Anda dan klik "Save" lagi. Anda sekarang memiliki banner animasi yang dapat Anda tambahkan ke situs Anda.

Dengan beberapa kali latihan saya yakin kalian akan bisa menghasilkan file animasi yang bagus dan pas untuk situs/blog kamu. Selamat berlatih membuat animasi !!!

Setelah membaca tutorial diatas, silahkan baca juga Peluang bisnis online tanpa ribet dan iPaymu.com Pembayaran Online Indonesia serta Amikom.us Tempat Belanja Hosting Murah kemudian jika kamu ingin berbelanja murah atau sekedar ingin melihat-lihat koleksi barang bagus dengan harga terjangkau silahkan kunjungi situs referensi dan jual produk amerika di americanshop-20








Ada 1 komentar untuk artikel Contoh Membuat Animasi Menggunakan MS Paint dan A Photoshop

Kpop-Ipop on Sabtu, 18 Februari 2012 05.49.00 WIB mengatakan...

yg dari ms paint wagu amat


Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 


garis hitam panjang
garis hitam panjang