header wahyu winoto blog

Cara Memasang Beberapa Domain dalam Satu Hosting


Tutorial ini sebenarnya adalah hal yang sangat umum diketahui oleh orang-orang yang biasa mengelola situs atau blog dengan hosting sendiri (semacam wordpress, joomla, dll), namun karena adanya permintaan dari beberapa teman akhirnya saya putuskan untuk membuatkan sebuah posting untuk memandunya men-setting situs web dan domainnya. 

Misalkan : 
Kamu punya situs utama http://development.web.id, lalu kamu akan menambahkan domain lain ke hosting situs utama kamu itu (misal menambahkan domain http://kbtkisriati2.sch.id), lalu kamu juga ingin menambahkan domain lain sebagai blog (misal dari blogspot) yang ingin kamu beri nama http://blog.kbtkisriati2.sch.id

Nah, cara untuk melakukan hal diatas adalah dengan memasang domain baru melalui add-ons domain dan menambahkan subdomain baru ke situs kamu yang diarahkan ke situs/blog kamu.

Cara Memasang Beberapa Domain dalam Satu Hosting yang saya maksudkan disini yaitu dengan menambahkan Add-On domain dan cara yang kedua yaitu menambahkan subdomain (dari hosting gratis semacam blogspot).

Setting add ons domain dapat kita lakukan di control panel hosting yang kita sewa. Jumlah Add-On domain yang bisa kita tambahkan ke domain utama tergantung batasan yang diberikan oleh penyedia hosting kita. Beberapa paket hosting bahkan menyediakan fasilitas add ons domain unlimited, sehingga memperbolehkan kita untuk menambahkan domain baru (Add-On domain) ke domain utama hingga tak terbatas.

a. Cara 1 (menambahkan add-ons domain)

Langkah setup add-on domain?

Silahkan masuk ke control panel hosting kamu (misalnya http://cpanel.development.web.id), lalu login dengan akun kamu. Setelah didalam halaman Control Panel lalu klik “add-on domain”.

Langkah membuat add-on domain 1


Setelah itu akan muncul form untuk memasukkan nama domain.

Langkah membuat add-on domain 2
  • New Domain Name, isi dengan domain yang ingin kamu tambahkan (misalkan kbtkisriati2.sch.id)
  • Ftp Username : Ini otomatis akan dibuatkan directory baru yang sama dengan nama domain yang ditambahkan, dan jika kita ingin memiliki nama subdomain berbeda maka bisa kita ubah di bagian Document Root.
  • Document Root : Lokasi direktori utama penyimpanan dokumen.
  • Password : Password untuk mengakses directory domain baru melalui FTP (File Transfer Protocol).

Klik “Add Domain” untuk konfirmasi.

Oya, pastikan NS (name server) domain kamu sudah diarahkan ke IP atau Name Server hosting yang akan kamu pakai itu.

b. Cara ke-2 Memasang Beberapa Domain dalam Satu Hosting (dengan menambahkan subdomain dari hosting lain)

Cara yang ke-2 yang saya maksud disini adalah dengan dengan menambahkan subdomain dari hosting lain (misal dari hosting gratis Blogger/Blogspot).

Berikut bahan yang perlu disiapkan :
  1. Pastikan domain utama kamu memiliki hosting sendiri (maksudnya yaitu agar kamu bisa mengakses halaman Control Panel seperti Cpanel,Vsita Panel, Spanel, dll.)
  2. Kamu juga harus sudah memiliki Blog (blogspot).
Sekarang kita masuk cara pembuatannya :

Pengaturan Pada Domain Utama :

  1. Login Cpanel Hosting domain utama anda. (misal : http://cpanel.kbtkisriati2.sch.id).
  2. Masuk menu DNS Manager / DNS Zone Editor.
  3. Add a CNAME Record.
  4. Isikan Name : dengan nama subdomain anda (contoh : blog.kbtkisriati2.sch.id) anda hanya perlu memasukan kata “blog” saja.
  5. CNAME anda isikan dengan “ghs.google.com“.
  6. Klik Add CNAME Record.

Pengaturan Pada Blogspot :

  1. Login ke Dasbor blogger.
  2. Pilih Pengaturan, kemudian pilih  Publikasikan.
  3. Pada kalimat “Berpindah ke: • Domain Ubahsuaian (Arahkan nama domain terdaftar milik Anda sendiri ke blog Anda)”,  Pilih Domain Ubahsuaian.
  4. Anda sudah memiliki domain? Silahkan klik Beralihlah ke pengaturan lanjut.
  5. Isikan dengan sudmian yang sudah anda buat pada menu DNS Zone Editor pada cpanel hosting domain utama anda. (misal : blog.kbtkisriati2.sch.id).
  6. Isi CAPTCHA dan klik Simpan Setelan.
  7. Tunggu paling lambat 24 Jam untuk sincron/resolve.

Ok, sekian dulu ya panduan cara Memasang Banyak Domain dalam Satu Hosting dari saya. Jika kurang jelas boleh kq bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Oya, saya juga minta dukungan ya buat artikel Radio Streaming Murah dan  Harga Jual Blackberry iPhone Laptop Murah yang sedang saya ikutkan kontes SEO.

 

Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP