header wahyu winoto blog

Pesugihan


Dalam budaya kita dikenal adanya ilmu pesugihan. Apakah pesugihan itu?
Pesugihan yaitu suatu ilmu atau ritual yang digunakan untuk mendapatkan harta kekayaan secara cepat tanpa perlu kerja keras, atau bisa dikatakan sebagai cara cepat menjadi kaya.

Dilihat dari sifatnya, pesugihan ada 2 macam yaitu : Pesugihan putih dan hitam. Sedangkan dari sisi Tumbal, pesugihan dibagi atas Pesugihan tanpa tumbal dan Pesugihan dengan Tumbal.

Pesugihan banyak ragamnya, beberapa yang sangat terkenal diantaranya: memelihara tuyul, babi ngepet, nyi blorong, kandhang bubrah, butho ijo, nyupang, Pesugihan Buyut Jimbung, Pesugihan Gunung Srandil, pesugihan susuh angin, Pesugihan Kalimosodo‎, Pesugihan Al-Fatihah‎, Pesugihan Al-Baqarah, Pesugihan Gunung Kemukus, Pesugihan Gunung Kawi, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa artikel saya ini BUKAN membahas tentang bagaimana cara memiliki ilmu pesugihan atau ritual pesugihan, karena saya tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai soal ini. Namun artikel ini sekedar memaparkan tentang berbagai hal terkait fenomena pesugihan.


Masih terkait dengan pesugihan, baru-baru ini di internet sedang beredar isu penipuan pesugihan, contohnya adalah penipuan pesugihan Al-Fatihah. Saya sendiri sebenarnya tidak tahu bagaimana motif dan pelaku penipuan ini, namun beberapa artikel di internet telah membahasnya. Berikut saya cuplikkan sebuah tulisan pengakuan seseorang yang katanya telah menjadi korban penipuan pesugihan.



Tulisan saya ini semata-mata hanya memaparkan apa yang sudah ada disekitar kita saja, tidak ada niat untuk menjatuhkan pihak tertentu apalagi ajakan untuk mengikuti ritual pesugihan. Saya dan anda saya harapkan untuk tidak sekali-kali mengikuti semacam ritual pesugihan, karena menurut saya hal itu adalah perbuatan setan.

Carilah harta dengan jalan yang baik dan halal, (baca artikel : cara menjadi orang kaya), gunakan cara yang baik dan benar, jangan bersekutu dengan setan, jemputlah rejeki dengan jalan yang diridhoi oleh Tuhan YME Allah SWT. JANGAN MENGGUNAKAN PESUGIHAN.


***


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP