header wahyu winoto blog

Ciri dan Tanda Akan Terjadi Gempa Bumi/Tsunami

Tanda-Tanda Akan Terjadinya Gempa & Tsunami

Tidak seperti biasanya hari ini saya bangun malam, bukan karena mau sholat malam sih, tapi karena kaget tiba-tiba atap rumah kayak mau ambruk :-)

Gempa bumi

Sesaat setelah saya bangun saya baru sadar kalau ternyata telah terjadi gempa bumi yang cukup dahsyat.
Menurut berita yang saya simak pagi ini, katanya telah terjadi gempa bumi di Samudera Indonesia, berikut petikan beritanya:

Gempa bumi berkekuatan 7,1 SR mengguncang kawasan Cilacap, Jawa Tengah sekitar pukul 03.06 WIB, Senin, 4 April 2011. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km dan dikhawatirkan berpotensi tsumani.


Demikian laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam situs resminya pada Senin, 4 April 2011. Menurut BMKG gempa berlokasi di 293 km Barat Daya Cilacap atau 10.01 Lintang Selatan (LS) dan 107.69 Bujur Timur (BT). (Sumber : http://headlines.vivanews.com/news/read/212834-gempa-7-1-sr-guncang-cilacap)

Coba kamu lihat, lokasi gempa berada di sekitar daerah Cilacap Jawa Tengah, sedangkan tempat tinggal saya di daerah kebumen yang hanya berjarak kurang dari 50km tentu saja getarannya begitu kuat, bahkan adik dan mami/papi saya sempat panik.

Nah...
dari kejadian gempa tersebut ternyata ada hal yang menarik yang saya amati, yaitu beberapa jam sebelum gempa ternyata telah ada tanda-tanda yang bisa kita amati sebenarnya (jika kita peka). Salah satu yang paling gampang diamati adalah dengan mengamati prilaku binatang.

Coba kamu mati apakah hewan-hewan seperti "menghilang", lari atau bertingkah laku aneh/gelisah. Insting hewan biasanya tajam dan hewan bisa merasakan gelombang elektromagnetis. Maka dari itu beberapa jam sebelum ada gempa bumi biasanya hewan-hewan tersebut bertingkah laku aneh, kita harus jeli dan waspada jika binatang piaraan kita mulai bertingkah laku aneh.

Untuk mengetahui tanda-tanda akan terjadinya gempa bumi atau sekaligus tsunami, silahkan baca artikel pada blog saya "Tanda-Tanda Akan Terjadinya Gempa & Tsunami".

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk mendeteksi Ciri dan Tanda Akan Terjadi Gempa Bumi/Tsunami !!!


Share artikel: kepada saudara maupun kawan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar




© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP