header wahyu winoto blog

Tips Agar Blog Bisa Menjadi Trend Setter di Internet

Tips Agar Blog Bisa Menjadi Trend Setter di Internet

Sebelumnya mohon maaf karena posting artikel saya kali ini ada sedikit kesalahan pada bagian  URL judulnya, sebenarnya tadi saya ingin memberi judul pada artikel ini "Tips Agar Blog Bisa Menjadi Trend Setter di Internet", akan tetapi karena saat menulis kondisi sudah malam, mengantuk, dan kurang konsentrasi maka judul artikel ini menjadi "Membuat Headline News Recent Post Blog" dan parahnya lagi judul ini terlanjur diposting, padahal setelah diposting URL judul postingan ini tidak bisa diganti/dirubah, walaupun pada bagian artikel memang sudah saya rubah.


Oke, lanjut saja ke artikel yang benar

Salah satu hal yang yang pasti diinginkan oleh seorang blogger adalah membuat blog yang bagus dan isinya dapat menjadi Trend Setter atau rujukan bagi para Blogger lainnya. Kemudian artikelnya tersebut akan dapat menyebar dan menjadi headline news diberbagai blog lain. 

Pertanyaan nya sekarang adalah bagaimana cara membuat blog yang hebat seperti itu?

Nah, bagi anda yang menginginkan hal itu, berikut ini ada beberapa tips untuk mewujudkan nya:
 
a. Temukan Topik Utama dan olah Menjadi Headline yang Kuat

Ketika sebuah topik yang bagus sudah di tangan, langkah selanjutnya adalah menjadikannya head-line. Caranya? Raciklah topik tersebut sehingga menjadi sebuah posting yang penting dan pertajam dengan judul yang berisi dan mengundang rasa ingin tahu.

Judul yang kurang tajam seperti “Membuat Bisnis Online dengan Blog  !!!” tentu tak ada apa-apanya dibanding misalnya, “Lima Jurus Ampuh Dapat Jutaan Dollar dari Blog”. Jadi jangan anggap enteng judul.

Mengapa? Karena judul yang menarik (catchy) akan memicu keingintahuan orang yang membaca judul posting kita. Jika judul sebuah posting tidak jelas, besar kemungkinan, pembaca akan melewatkannya begitu saja.
 
b. Posting yang Bermanfaat

Saat memilih entri untuk posting blog, coba tanyakan pada diri kita sendiri: apakah posting ini akan bermanfaat bagi orang lain? Semakin besar efek atau manfaat yang akan ditularkan oleh sebuah topik, semakin besar peluang topik tersebut untuk dijadikan entri yang bagus untuk blog.

Saat menuliskannya, usahakan posting tersebut dilengkapi dengan taut-taut terkait sebagai resources bagi pembaca. Tujuannya, agar posting kita tersebut semakin bermanfaat.

c. Sajikan Posting yang Enak Dibaca

Mengingat pembaca tidak punya banyak waktu, maka usahakanlah menampilkan posting yang gampang dibaca (scannable). Misalnya dengan menulis dengan gaya pointer atau memanfaatkan simbol seperti bullet dan lain-lain.

d. Tulislah dengan Ringkas dan Padat

Usahakanlah menulis posting dengan ringkas, tajam dan sistematis. Jangan bikin paragraf yang terlalu panjang dan bertele-tele. Ingat, blog itu bukan buku.

Jika sebuah ide/kalimat bisa disampaikan dalam lima atau tujuh kata misalnya, mengapa harus menyampaikannya dengan 20 kata?

Boros kata (wordy) akan membuat pembaca tidak tertarik untuk balik lagi bertandang ke blog kita dan itu pertanda tidak baik jika kita ingin mendapat banyak pengunjung.


Bonus !

Ini saya kasih bonus trik agar blog makin cepat populer dan terkenal.

Coba kamu terapkan ya:
  1. Jadi orang hebat di bidang IT macam pak Budi Rahardjo, atau ahli tutorial blog seperti Kang Rohman, atau jadi semacam pakar seperti om Roy Suryo :-)
  2. Tulis artikel yang lagi hangat / panas atau yang sedang jadi head line media nasional atau internasional
  3. Bikin postingan paling dicari semisal cara cepat kaya, trik blogging, dan sebagainya.
  4. Buat sensasi
Catatan: 
Untuk nomor 1 mungkin perlu waktu atau kecuali udah takdir jadi terkenal lalu barulah bikin blog :-)

Untuk nomor 2 perlu banyak wawasan, pinter-pinter analisa dan sebagainya.  

Point ke-3 harus cerdik kopi paste dari surat kabar online atau bisa menterjemahkan dari the times misalnya lalu ditulis ulang sebagus mungkin agar jadi head line di blog kamu atau bisa juga dipromosikan ke tempat lain sepeti di Lintas Berita dan Info Gue.

Dan untuk yang No. 5, paling gampang, banyak hal yg bisa dibikin sensasi, gak masalah; mau bohong atau nggak, baik atau buruk, salah atau benar, mau ahli atau awam, bidangnya atau bukan. Pokoknya asal mau bikin kehebohan pasti blog bakalan rame.

Dan kita semua pasti tau donk di Indonesia apa saja yang bisa memicu kehebohan, gampangnya saja saya contohkan : Buat blog/konten porno, atau buat blog yang banyak menyinggung SARA, atau yang manas-manasin hubungan Indonesia vs Malaysia misalnya, trus yang berisi pelecehan atau dan sejenisnya. Coba kamu lihat forum faith freedom Indonesia yang mengolok-olok Islam, akibatnya ramai n terkenal kan....


Sekian dari saya, ambil positifnya saja...
Semoga Bermanfaat !!!!!


*****
Dukung Pulau Komodo Menjadi Salah satu Keajaiban Dunia, kunjungi : Komodo Island is the NEW 7 Wonders of The World
*****
Demikian artikel: semoga bermanfaat bagi anda.

KLIK UNTUK MELIHAT DAN ATAU MENUTUP KOLOM KOMENTAR.



© 2010 - 2024 || By Blogger || Hak cipta dilindungi UU.
TOP