Tips Safety Riding Ala Blogger




Tips Safety Riding Ala Blogger



Sebelum berbicara tentang Safety Riding, pertama-tama saya akan mempromosikan beberapa artikel pilihan dalam blog saya diantaranya yaitu : 
Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda
Oke, kembali ke topik semula tentang Safety Riding...
Akhir-akhir ini seperti kita tahu, bahwa pola hidup masyarakat telah berkembang dari yang dulunya mungkin menganut kepercayaan “alon-alon waton kelakon” kini telah berubah menjadi masyarakat yang menginginkan sesuatu yang mudah, cepat, ataupun praktis serta menghemat waktu, biaya, dan lain sebagainya.

Kondisi tersebut kalau saya lihat berlaku juga dalam hal transportasi, dimana masyarakat sekarang cenderung memilih alat transportasi yang praktis, cepat, dan mudah serta murah dalam perawatannya. Sejalan dengan hal tersebut maka jatuhlah pilihan sebagian besar orang kepada sepeda motor untuk dijadikan sarana transportasi mereka.

Kemudian, kita semua juga tahu bahwa kondisi lalu lintas dikota-kota makin hari makin banyak kemacetan, beberapa kondisi jalan yang padat ataupun sempit serta dengan alasan ingin praktis saat berkendara mendorong masyarakat untuk lebih memilih sepeda motor sebagai kendaraan mereka, selain dengan alasan harga yang lebih murah dibanding mobil tentunya.

Lantas dengan makin banyak pengguna sepeda motor di Indonesia yang jumlahnya sudah mencapai puluhan juta tersebut, hal itu diikuti pula oleh makin meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas dijalan raya. Memang kecelakaan itu bukan mutlak kesalahan pengendara motor, namun kita sebagai masyarakat tentunya harus waspada dan memikirkan bagaimana agar kecelakaan lalu lintas dijalan raya dapat diminimalisir.

Konsep aman berkendara sebenarnya telah sering kita dengar, misalkan dari pemerintah maupun lembaga swadaya maupun swasta seperti produsen kendaraan bermotor dengan slogan “safety riding” yang sering mereka kampanyekan sebagai wujud kepedulian mereka.

Lalu, apakah kita sudah benar-benar paham tentang konsep aman berkendara? 
Dan lebih jauh lagi apakah kita sudah berperilaku aman dijalan raya?
Sebenarnya telah ada banyak referensi safety riding yang sering kita dengar, namun berikut ini saya mencoba ikut memberikan sedikit tips aman berkendara buat anda untuk mewujudkan gerakan safety riding yang sering ditekankan pada para pengguna jalan.

a. Persiapan sebelum berkendara

Sebelum berkendara, pastikan motor anda dalam kondisi baik/tidak ada masalah mesin maupun hal teknis lainnya.

Hal ini meliputi kondisi mesin, rangka dan body motor, sistem pengapian, sistem kelistrikan, lampu-lampu, rem, dan aksesoris kendaraan lainnya harus dalam kondisi baik dan aman.
Jika seandainya anda menggunakan motor yang dimodifikasi, pastikan modifikasi tersebut tidak berbahaya jika motor digunakan untuk berkendara.

b. Gunakan perlengkapan standar aman berkendara

Hal ini meliputi surat-surat kendaraan, helm, jaket, sarung tangan, sepatu, bisa juga kaca mata, dan perlengkapan lain sejenisnya yang digunakan untuk keselamatan saat berkendara. Pastikan spion terpasang dengan benar, kalau bisa gunakan baju/jaket berwarna terang untuk memudahkan orang lain melihat keberadaan kita saat dijalan sehingga meminimalkan kecelakaan karena pengendara yang tidak melihat keberadaan kita, jika kondisi hujan pastikan menggunakan jas hujan atau berhenti saja jika kondisi tidak memungkinkan untuk berkendara.

c. Sopan di jalan

Sopan dijalan disni maksudnya, saat berkendara pastikan anda mengendarai sepeda motor dengan posisi normal yang baik, postur tubuh tegak rileks, tidak berboncengan dengan 2 orang atau lebih, jangan ngebut dijalan sempit atau ramai, saling menghargai sesama pengguna jalan.

Berhati-hatilah saat kondisi hujan, dijalan ramai atau sempit, dijalan yang rusak, berpasir/kerikil untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

d. Patuhi peraturan lalu lintas

Mematuhi peraturan lalu lintas seperti rambu-rambu, marka jalan, maupun instruksi dari polisi pengatur lalu lintas. Anda dapat juga menyalakan lampu dijalan saat siang hari.

Berjalanlah dijalur anda agar aman, jika akan membelok atau berpindah jalur pastikan menyalakan lampu sen.

e. Jaga kondisi motor

Tips yang satu ini untuk keberlangsungan keamanan kendaraan bermotor. Pastikan menggunakan suku cadang asli, gunakan bahan bakar yang sesuai, lakukan service atau perawatan secara berkala di bengkel yang terpercaya.

f. Waspada

Waspada disisni dilakukan baik saat berkendara maupun saat memarkir kendaraan, pastikan aman, tidak mengundang bahaya seperti motor jatuh atau membahayakan pengguna jalan lain, serta pastikan motor anda aman dari pencurian, dan jangan lupa berdoa untuk keselamatan berkendara anda.


Mungkin itu dulu yang saya tuliskan sekarang ini, semoga makin menambah semangat para blogger Indonesia untuk ikut aktif dalam kepedulian aman berkendara seperti slogan "blogger for safety riding", dan semoga itu bukan sekedar slogan saja namun juga muncul wujud nyata kepedulian dari kita para blogger Indonesia pada masalah keamanan berkendara.

Sekedar info, tips-tips diatas saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya sewaktu mengikuti ujian membuat SIM dari penjelasan petugas disana., kemudian juga dari beberapa media yang pernah saya baca. 

Semoga bermanfaat buat kita semua, dan yang lebih penting lagi adalah mari kita budayakan safety riding dan biasakan berkendara dengan aman dijalan.



***

Dukung blog ini dalam kontes Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

***






Ada 7 komentar untuk artikel Tips Safety Riding Ala Blogger

tjahgoblog on Kamis, 23 Desember 2010 00.55.00 WIB mengatakan...

wah saya juga ikutan kontes.Artikel anda bagus semoga menang ya

Healthy Life on Kamis, 23 Desember 2010 13.44.00 WIB mengatakan...

paling miris kalo ngeliat jalan macet adalah kebanyakan mobil-mobil gede isinya cuma satu orang.
Gud luck buat lombanya yah :D

f.uf.u on Senin, 03 Januari 2011 06.05.00 WIB mengatakan...


saya mendukung safety riding sobat…
safety riding untuk keselamatan bersama.

ditunggu kunjungannya..

http://inifu.blogspot.com/2011/01/utamakan-safety-riding-untuk.html


didit on Selasa, 04 Januari 2011 14.13.00 WIB mengatakan...

mantap,,A la bloger lebih aman,,lebih sefty...
mampir bung ke www.marketplus.co.id

f.uf.u on Sabtu, 08 Januari 2011 07.49.00 WIB mengatakan...


nice post sobat,,
mari kita dukung selalu program safety riding..



Ditunggu komentar baliknya sob..

1. Utamakan Safety Riding Untuk Keselamatan Bersama

2. Jaga keselamatan Anak Dengan Safety Riding

m_thohir on Kamis, 13 Januari 2011 12.40.00 WIB mengatakan...

setuju! siapa sih yg gak ingin selamat di jalan? jd, ayo dukung safety riding!
okay, silahkan kunjungi pula postingan sy ttg ESQ for Safety Riding, di:
http://jimat.blogdetik.com/2011/01/10/esq-tips-for-safety-riding/
ditunggu komentarnya.
salam erat dblogger!

wahyu winoto on Selasa, 01 Maret 2011 00.57.00 WIB mengatakan...

Terima kasih atas kunjungan & komentar rekan-rekan semua.
Senang bisa bersahabat dengan para blogger Indonesia.

Tunggu saja kunjungan balik saya...
salam....


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang