Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA




Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA


It’s about Us: Air untuk Masa Depan, Itulah tema yang diangkat dalam Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA dari www.mudaers.com kali ini. Tema tersebut menurut saya tepat sekali untuk "dikampanyekan" dalam jiwa-jiwa muda Indonesia, karena seperti kita tahu sampai sekarang ini di Indonesia belum semua masyarakat dapat menikmati air bersih dengan mudah. Sebelum membahas artikelnya saya juga merekomendasikan anda untuk membaca  gogo2011 kobamusaji  dan juga  websasdesign.com cinta blogger
Arti Penting Air untuk Keberlangsungan Umat Manusia

Kita semua tentu sadar bahwa air sangat penting untuk kehidupan kita. Air memegang peranan yang sangat penting untuk kehidupan, baik hari ini hingga masa depan kita nantinya. Lebih jauh tentang Air Untuk Masa Depan, tema tersebut juga saya rasakan sangat tepat dan berwawasan kedepan, dimana dengan menanamkan tema tersebut diharapkan para muda-mudi Indonesia akan lebih bijak dalam pemanfaatan air agar keberlangsungan air untuk masa depan kita hingga anak cucu dapat terus terjamin.
I. Jenis-Jenis Air

Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan oleh apa pun juga. Tanpa air manusia, hewan dan tanaman tidak akan dapat hidup.

Secara umum air di bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu :

1. Air Tanah

Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua, yakni air tanah preatis dan air tanah artesis.

a. Air Tanah Preatis
Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable.

b. Air Tanah Artesis
Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air.

2. Air Permukaan
Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. Contoh air permukaan seperti laut, sungai, danau, kali, rawa, empang, dan lain sebagainya. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu :

a. Perairan Darat
Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa, danau, sungai, dan lain sebagainya.

b. Perairan Laut
Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. Contohnya seperti air laut yang berada di laut.

II. Siklus Air

Secara umum banyaknya air yang ada di planet ini adalah sama walaupun manusia, binatang dan tumbuhan banyak menggunakan air untuk kebutuhan hidupnya.
Jumlah air bersih sepertinya tidak terbatas, namun sebenarnya air mengalami siklus hidrologi di mana air yang kotor dan bercampur dengan banyak zat dibersihkan kembali melalui proses alam.

Proses siklus air (hidrologi) berlangsung terus-menerus yang membuat air menjadi sumber daya alam yang terbaharui. Jumlah air di bumi sangat banyak baik dalam bentuk cairan, gas / uap, maupun padat / es.

(Gb. Alur proses siklus air)

Macam-Macam dan Tahapan Proses Siklus Hidrologi :

A. Siklus Pendek
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Terjadi kondensasi dan pembentukan awan
3. Turun hujan di permukaan laut

B. Siklus Sedang
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Terjadi kondensasi
3. Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat
4. Pembentukan awan
5. Turun hujan di permukaan daratan
6. Air mengalir di sungai menuju laut kembali

C. Siklus Panjang
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Uap air mengalami sublimasi
3. Pembentukan awan yang mengandung kristal es
4. Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat
5. Pembentukan awan
6. Turun salju
7. Pembentukan gletser
8. Gletser mencair membentuk aliran sungai
9. Air mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut
 
III. Berbagai Macam Manfaat Air untuk Kehidupan

Kita tentu sadar bahwa kebutuhan dan ketergantungan kita terhadap air tak sebatas untuk air minum, namun masih banyak hal lain manfaat air yang sangat kita butuhkan, misal: Mandi dua kali sehari sangat dianjurkan pakar kesehatan dan kebugaran. Alasannya, sentuhan air bersih dengan tubuh membuat badan terasa segar dan bugar kembali. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh harus benar-benar diperhatikan.

Manfaat air tak berhenti pada soal mandi atau berendam saja. Tidak kalah penting khasiat air putih bila diminum. Selain makanan, air sangat diperlukan oleh tubuh kita. Seseorang yang kekurangan makan masih dapat bertahan sampai beberapa hari, tapi kekurangan air bisa berakibat fatal, karena air merupakan bagian terbesar dari komposisi tubuh manusia.

Dalam tubuh seorang pria dengan berat rata-rata 70 kg, menurut Dr. Elvina Karyadi, MSc, ahli gizi, kandungan air di dalam tubuhnya kira-kira 45 l. (Pada wanita, kandungan airnya sedikit lebih rendah sebab komposisi lemak tubuhnya lebih besar.) Dari total kandungan air 45 l di atas, sekitar 30 l terdapat dalam sel tubuh kita (intraseluler) sedangkan 15 l berada di luar sel (ektraseluler). Yang termasuk air di luar sel adalah air dalam cairan otak, cairan mata dan hidung, termasuk juga cairan pada saluran pencernaan.

Air putih juga bersifat “menghanyutkan” kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang; tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin.

IV. Ancaman Bahaya dari Air

Selain manfaat besar air untuk kehidupan kita, ternyata air dalam jumlah yang besar dan dalam kondisi yang tidak tepat dapat juga menjadi ancaman bencana bagi manusia. Misal: Dapat menimbulkan bencana banjir.

(Gb. Contoh dampak buruk air)

Menurut beberapa sumber iklim di Indonesia telah mengalami sedikit perubahan. Curah hujan tahunan telah turun sebesar 2 hingga 3 persen di wilayah Indonesia di abad ini dengan pengurangan tertinggi terjadi selama periode Desember- Febuari, yang merupakan musim terbasah dalam setahun. Curah hujan di beberapa bagian di Indonesia dipengaruhi kuat oleh kejadian El Nino dan kekeringan umumnya telah terjadi selama kejadian El Nino terakhir dalam tahun 1082/1983, 1986/1987 dan 1997/1998. 

Lalu muncul pertanyaan, adakah hubungan antara bencana banjir dan kekeringan di Indonesia terkait dengan aktivitas global? Jika ada, apa kira-kira dampaknya terhadap sumber daya air kita?

Banjir dan kekeringan (kelangkaan air) pada dasarnya terkait dengan kemampuan alam dan manusia mengelola ketersediaan air di Bumi. Banjir terjadi karena jumlah air hujan yang turun di daratan dalam intensitas berlebihan pada saat alam tidak mampu menampung. Kemudian dalam skala lokal intensitas curah hujan yang amat ekstrem dalam waktu lama akan menjadi penyebab banjir besar dan longsor di banyak tempat. 

Sementara itu, kekeringan terjadi karena jumlah hujan yang turun tidak mencukupi kebutuhan kehidupan.Ketersediaan air yang kian terbatas akan meningkatkan kompetisi untuk mendapatkan dan tidak jarang menimbulkan konflik dalam pemanfaatan. Kompetisi untuk mendapatkan/memanfaatkan sumber daya air (SDA) ini terjadi karena faktor kelangkaan akibat peningkatan kebutuhan, bersamaan terjadinya gangguan terhadap siklus hidrologi akibat perubahan iklim global serta perubahan tata guna lahan pada daerah tangkapan air dan daerah aliran sungainya.


Jika kita melihat dalam skala lebih luas, peningkatan suhu secara global menyebabkan terjadinya percepatan pelelehan lapisan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan sekaligus terjadinya pencairan dan penipisan lapisan gunung-gunung es di dunia. Dilain pihak kemarau panjang yang disebabkan fenomena El Nino yang memengaruhi siklus hidrologi lokal dan regional akan menyebabkan kian kritisnya ketersediaan air untuk menopang kebutuhan 6,5 miliar penduduk Bumi saat ini. 


Menyadari betapa pentingnya air bagi kehidupan manusia, serta dampak yang besar yang dapat muncul karena air, maka tak ada salahnya jika sedini mungkin kita memelihara dengan baik kondisi air dibumi kita ini untuk keberlangsungan kehidupan manusia.


*****
Referensi : 
- id.wikipedia.org
- organisasi.org
- dan sumber tertulis lainnya
*****







Ada 6 komentar untuk artikel Kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA

Bacelzone on Minggu, 26 Desember 2010 12.17.00 WIB mengatakan...

saya juga ikutan.. semoga berhasil sob.. :D

wahyu winoto on Minggu, 26 Desember 2010 12.31.00 WIB mengatakan...

@ bacelzone

iya, mksih mas...
smoga kamu brhasil & kita sama2 berhasil...

Melissa Tjioe ♥ on Jumat, 04 Februari 2011 12.47.00 WIB mengatakan...

good luck buat lombanya !
saya juga ikutan. air untuk masa depan ! :D
http://nolifewithoutwater.blogspot.com/2011/02/kompetisi-web-kompas-muda-aqua.html

iponk's blog on Selasa, 08 Februari 2011 09.01.00 WIB mengatakan...

wah bang salam sukses ya!
salam kenal dr ane...
follow back me please! hehehe

www.DS-world.co.cc on Kamis, 10 Februari 2011 04.26.00 WIB mengatakan...

ae gan, ane newbie nih, blog ane jg baru … Ane kesulitan dalam nanganin seonya ,mohon bantuannya..ane baru tau kalo ada lomba ini . Ini halaman ane http://ds-world.co.cc/kompetisi-web-kompas-muda-aqua/ mari bersaing sehat….
matur thankyu bgt

wahyu winoto on Minggu, 13 Februari 2011 21.28.00 WIB mengatakan...

@ melissa : mksih udah brkunjung, saya juga sudah lihat blog-mu...bagus...

@ iponk's : slm kenal juga mas... selamat berkontes juga...

@ ds-world : saya sudah cek blog-mu. Untuk mengoptimalkan SEO itu butuh waktu, silahkan kamu baca2 tips trik SEO dari blog para guru SEO, disana sudah banyak dibahas ttg optimasi SEO blog...sy doakan smoga makin bagus...

Good Luck...!!!


Posting Komentar

 


garis hitam panjang
garis hitam panjang